Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 705 dan 706

١٥ - بَابُ مَا جَاءَ فِي بَيَانِ الۡفَجۡرِ 
15. Bab riwayat tentang penjelasan fajar 


٧٠٥ – (حسن صحيح) حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُلَازِمُ بۡنُ عَمۡرٍو، قَالَ: حَدَّثَنِي عَبۡدُ اللهِ بۡنُ النُّعۡمَانِ، عَنۡ قَيۡسِ بۡنِ طَلۡقٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي، طَلۡقُ بۡنُ عَلِيٍّ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ، قَالَ: (كُلُوا وَاشۡرَبُوا، وَلَا يَهِيدَنَّكُمُ السَّاطِعُ الۡمُصۡعِدُ، وَكُلُوا وَاشۡرَبُوا حَتَّى يَعۡتَرِضَ لَكُمُ الۡأَحۡمَرُ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَدِيِّ بۡنِ حَاتِمٍ، وَأَبِي ذَرٍّ، وَسَمُرَةَ. حَدِيثُ طَلۡقِ بۡنِ عَلِيٍّ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنۡ هَٰذَا الۡوَجۡهِ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ؛ أَنَّهُ لَا يَحۡرُمُ عَلَى الصَّائِمِ الۡأَكۡلُ وَالشُّرۡبُ حَتَّى يَكُونَ الۡفَجۡرُ الۡأَحۡمَرُ الۡمُعۡتَرِضُ. وَبِهِ يَقُولُ عَامَّةُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ. [(صحيح أبي داود)(٢٠٣٣)]. 

705. [Hasan sahih] Hannad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Mulazim bin ‘Amr menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah bin An-Nu’man menceritakan kepadaku dari Qais bin Thalq. Beliau berkata: Ayahku Thalq bin ‘Ali menceritakan kepadaku bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Makan dan minumlah. Janganlah cahaya yang semburat vertikal menghentikan kalian. Makan dan minumlah sampai cahaya merah melintang (horizontal).” Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Adi bin Hatim, Abu Dzarr, dan Samurah. Hadis Thalq bin ‘Ali adalah hadis hasan garib dari sisi ini. Para ulama mengamalkan di atas dasar hadis ini bahwa bagi yang hendak berpuasa tidak haram untuk makan dan minum sampai ada fajar merah yang horizontal. Keumuman ulama berpendapat dengannya. 

٧٠٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا هَنَّادٌ وَيُوسُفُ بۡنُ عِيسَى، قَالَا: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ أَبِي هِلَالٍ، عَنۡ سَوَادَةَ بۡنِ حَنۡظَلَةَ، عَنۡ سَمُرَةَ بۡنِ جُنۡدَبٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا يَمۡنَعَنَّكُمۡ مِنۡ سُحُورِكُمۡ أَذَانُ بِلَالٍ وَلَا الۡفَجۡرُ الۡمُسۡتَطِيلُ، وَلَكِنِ الۡفَجۡرُ الۡمُسۡتَطِيرُ فِي الۡأُفُقِ). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ. [(صحيح أبي داود)(٢٠٣١): م]. 

706. [Sahih] Hannad dan Yusuf bin ‘Isa telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Waki’ menceritakan kepada kami dari Abu Hilal, dari Sawadah bin Hanzhalah, dari Samurah bin Jundab. Beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah azan Bilal dan fajar yang vertikal menghentikan kalian dari makan sahur. Tetapi (batas waktu makan sahur adalah) fajar yang melintang (horizontal) di ufuk.” Ini adalah hadis hasan.