Cari Blog Ini

Sunan Abu Dawud hadits nomor 3404 dan 3405

٣٤ - بَابٌ فِي الۡمُخَابَرَةِ 
34. Bab tentang mukhabarah (kerja sama pemilik tanah dan penggarap dengan sistem bagi hasil) 


٣٤٠٤ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ حَنۡبَلٍ، نا إِسۡمَاعِيلُ، ح وَنا مُسَدَّدٌ، أَنَّ حَمَّادًا وَعَبۡدَ الۡوَارِثِ حَدَّثَاهُمۡ، كُلُّهُمۡ عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ أَبِي الزُّبَيۡرِ قَالَ؛ عَنۡ حَمَّادٍ، وَسَعِيدِ بۡنِ مِينَاءَ، ثُمَّ اتَّفَقُوا: عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، قَالَ: نَهَى رَسُولُ اللهِ ﷺ عَنِ الۡمُحَاقَلَةِ، وَالۡمُزَابَنَةِ، وَالۡمُخَابَرَةِ، وَالۡمُعَاوَمَةِ. قَالَ عَنۡ حَمَّادٍ: وَقَالَ أَحَدُهُمَا: وَالۡمُعَاوَمَةِ، وَقَالَ الۡآخَرُ: بَيۡعِ السِّنِينَ، ثُمَّ اتَّفَقُوا، وَعَنِ الثُّنۡيَا وَرَخَّصَ فِي الۡعَرَايَا. 

3404. [Sahih] Ahmad bin Hanbal telah menceritakan kepada kami: Isma’il menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Musaddad telah menceritakan kepada kami bahwa Hammad dan ‘Abdul Warits menceritakan kepada mereka. Mereka semua dari Ayyub, dari Abu Az-Zubair. Beliau berkata: Dari Hammad dan Sa’id bin Mina`. Kemudian mereka bersepakat: Dari Jabir bin ‘Abdullah. Beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang dari muhaqalah (jual beli hasil kebun yang masih di ladangnya dengan bahan makanan), muzabanah (jual beli buah kurma yang masih di pohon dengan tamar/kurma kering), mukhabarah (kerja sama pemilik tanah dan penggarap dengan sistem bagi hasil), dan mu’awamah (jual beli hasil buah lebih dari satu tahun dalam satu akad). 

Musaddad berkata dari Hammad: Salah satu dari keduanya berkata: Mu’awamah; sedangkan yang lain berkata: Bai’us sinin. Kemudian mereka bersepakat: Dan (melarang) dari tsunya (jual beli dengan pengecualian yang tidak jelas) dan memberi rukhsah pada ‘araya (jual beli kurma basah yang masih di pohon dengan tamar/kurma kering dengan cara taksiran yang sepadan). 

٣٤٠٥ – (صحيح) حَدَّثَنَا عُمَرُ بۡنُ يَزِيدَ السَّيَّارِيُّ أَبُو حَفۡصٍ، نا عَبَّادُ بۡنُ الۡعَوَّامِ، عَنۡ سُفۡيَانَ بۡنِ حُسَيۡنٍ، عَنۡ يُونُسَ بۡنِ عُبَيدٍ، عَنۡ عَطَاءٍ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: نَهَى رَسُولُ اللهِ ﷺ عَنِ الۡمُزَابَنَةِ وَعَنِ الۡمُحَاقَلَةِ، وَعَنِ الثُّنۡيَا إِلَّا أَنۡ يُعۡلَمَ. [م(٥/١٨)]. 

3405. [Sahih] ‘Umar bin Yazid As-Sayyari Abu Hafsh telah menceritakan kepada kami: ‘Abbad bin Al-‘Awwam menceritakan kepada kami dari Sufyan bin Husian, dari Yunus bin ‘Ubaid, dari ‘Atha`, dari Jabir bin ‘Abdullah. Beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari muzabanah (jual beli buah kurma yang masih di pohon dengan tamar/kurma kering) dan muhaqalah (jual beli hasil kebun yang masih di ladangnya dengan bahan makanan). Beliau juga melarang dari tsunya (jual beli dengan pengecualian yang tidak jelas) kecuali jika diketahui.