Cari Blog Ini

Fadilat Sahabat

Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisi rahimahullah (wafat 260 H) di dalam kitab Lum'atul I'tiqad berkata:

٢٢ – أُمَّتُهُ خَيۡرُ الۡأُمَمِ، وَأَصۡحَابُهُ خَيۡرُ أَصۡحَابِ الۡأَنۡبِيَاءِ عَلَيۡهِمُ السَّلَامُ. 

22. Umat beliau adalah umat terbaik. Para sahabat beliau adalah sebaik-baik sahabat para nabi ‘alaihimus salam

وَأَفۡضَلُ أُمَّتِهِ أَبُو بَكۡرٍ الصِّدِّيقُ، ثُمَّ عُمَرُ الۡفَارُوقُ، ثُمَّ عُثۡمَانُ ذُو النُّورَيۡنِ، ثُمَّ عَلِيٌّ الۡمُرۡتَضَى رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ. 

لِمَا رَوَى عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: كُنَّا نَقُولُ وَالنَّبِيُّ ﷺ حَيٌّ: أَبُو بَكۡرٍ، ثُمَّ عُمَرُ، ثُمَّ عُثۡمَانُ، فَيَبۡلُغُ ذٰلِكَ النَّبِيَّ ﷺ فَلَا يُنۡكِرُهُ. 

Umat beliau yang paling mulia adalah Abu Bakr Ash-Shiddiq, kemudian ‘Umar Al-Faruq, kemudian ‘Utsman Dzun Nurain, kemudian ‘Ali Al-Murtadha radhiyallahu 'anhum. Berdasarkan hadis riwayat ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma. Beliau mengatakan, “Dahulu kami berkata ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup: Abu Bakr, kemudian ‘Umar, kemudian ‘Utsman. Ucapan itu sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau tidak mengingkarinya.” 

وَصَحَّتِ الرِّوَايَةُ عَنۡ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ أَنَّهُ قَالَ: (خَيۡرُ هَٰذِهِ الۡأُمَّةِ بَعۡدَ نَبِيِّهَا: أَبُو بَكۡرٍ ثُمَّ عُمَرُ، وَلَوۡ شِئۡتُ سَمَّيۡتُ الثَّالِثَ). 

Juga sahih riwayat dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu bahwa beliau mengatakan, “Umat terbaik setelah nabinya adalah Abu Bakr kemudian ‘Umar. Kalau aku mau, aku akan menyebutkan nama orang ketiga.” 

وَرَوَى أَبُو الدَّرۡدَاءِ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ أَنَّهُ قَالَ: (مَا طَلَعَتۡ شَمۡسٌ وَلَا غَرَبَتۡ بَعۡدَ النَّبِيِّينَ وَالۡمُرۡسَلِينَ عَلَى أَفۡضَلَ مِنۡ أَبِي بَكۡرٍ). 

Abu Ad-Darda` meriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau mengatakan, “Tidaklah matahari terbit dan tenggelam sepeninggal para nabi dan rasul pada orang yang lebih mulia daripada Abu Bakr.”[1]

وَهُوَ أَحَقُّ خَلۡقِ اللهِ تَعَالَى بِالۡخِلَافَةِ بَعۡدَ النَّبِيِّ لِفَضۡلِهِ وَسَابِقَتِهِ وَتَقۡدِيمِ النَّبِيِّ ﷺ لَهُ فِي الصَّلَاةِ عَلَى جَمِيعِ الصَّحَابَةِ رِضۡوَانُ اللهِ عَلَيۡهِمۡ، وَإِجۡمَاعِ الصَّحَابَةِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ عَلَى تَقۡدِيمِهِ وَمُبَايَعَتِهِ، وَلَمۡ يَكُنِ اللهُ لِيَجۡمَعَهُمۡ عَلَى ضَلَالَةٍ. 

Beliau adalah makhluk Allah taala yang paling berhak dengan kekhalifahan setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam karena kemuliaan, keterdahuluan, dan pengedepanan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap beliau dalam salat di antara seluruh sahabat ridhwanallahu ‘alaihim. Juga ijmak sahabat radhiyallahu ‘anhum dalam mendahulukan beliau dan pembaiatan beliau. Dan Allah tidak akan mengumpulkan mereka dalam kesesatan. 

ثُمَّ مِنۡ بَعۡدِهِ عُمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، لِفَضۡلِهِ وَعَهۡدِ أَبِي بَكۡرٍ إِلَيۡهِ. 

Kemudian sepeninggal Abu Bakr adalah ‘Umar radhiyallahu ‘anhu karena keutamaan dan penunjukan beliau oleh Abu Bakr. 

ثُمَّ عُثۡمَانُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، لِتَقۡدِيمِ أَهۡلِ الشُّورَى لَهُ. 

Kemudian ‘Utsman radhiyallahu ‘anhu karena pengutamaan ahli syura terhadapnya. 

ثُمَّ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، لِفَضۡلِهِ، وَإِجۡمَاعِ أَهۡلِ عَصۡرِهِ عَلَيۡهِ. 

Kemudian ‘Ali radhiyallahu ‘anhu karena keutamaan beliau dan kesepakatan kaum muslimin di masa itu. 

وَهَٰؤُلَاءِ الۡخُلَفَاءُ الرَّاشِدُونَ وَالۡأَئِمَّةُ الۡمَهۡدِيُّونَ الَّذِينَ قَالَ النَّبِيُّ ﷺ فِيهِمۡ: (عَلَيۡكُمۡ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الۡخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ مِنۡ بَعۡدِي عَضُّوا عَلَيۡهَا بِالنَّوَاجِذِ). 

Mereka inilah para khalifah yang lurus dan para imam yang mendapat petunjuk yaitu orang-orang yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata tentang mereka, “Wajib bagi kalian berpegang dengan sunahku dan sunah para khalifah yang lurus sepeninggalku. Gigitlah dengan gigi-gigi geraham!” 

وَقَالَ ﷺ: (الۡخِلَافَةُ مِنۡ بَعۡدِي ثَلَاثُونَ سَنَةً) فَكَانَ آخِرُهَا خِلَافَةَ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ. 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kekhalifahan sepeninggalku adalah selama tiga puluh tahun.” Sehingga kekhalifahan terakhir adalah kekhilafahan ‘Ali radhiyallahu ‘anhu.[2]



Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin rahimahullah di dalam kitab Syarh Lum'atil I'tiqad berkata:

[1] فَضَائِلُ الصَّحَابَةِ 

Keutamaan para sahabat: 

الصَّحَابِيُّ: مَنِ اجۡتَمَعَ بِالنَّبِيِّ ﷺ مُؤۡمِنًا بِهِ وَمَاتَ عَلَى ذٰلِكَ. 

وَأَصۡحَابُ النَّبِيِّ ﷺ أَفۡضَلُ أَصۡحَابِ الۡأَنۡبِيَاءِ لِقَوۡلِ النَّبِيِّ ﷺ: (خَيۡرُ النَّاسِ قَرۡنِي)، الۡحَدِيثُ رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ وَغَيۡرُهُ. 

Sahabat Nabi adalah siapa saja yang pernah bertemu dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan beriman dan meninggal dalam keadaan beriman. 

Sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sahabat nabi yang paling mulia berdasar sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sebaik-baik manusia adalah kurunku.” (HR. Al-Bukhari nomor 3650 dan Muslim nomor 2533). Hadis riwayat Al-Bukhari dan selain beliau. 

وَأَفۡضَلُ الصَّحَابَةِ: الۡمُهَاجِرُونَ لِجَمۡعِهِمۡ بَيۡنَ الۡهِجۡرَةِ وَالنُّصۡرَةِ ثُمَّ الۡأَنۡصَارُ. 

وَأَفۡضَلُ الۡمُهَاجِرِينَ: الۡخُلَفَاءُ الۡأَرۡبَعَةُ الرَّاشِدُونَ أَبُو بَكۡرٍ وَعُمَرُ وَعُثۡمَانُ وَعَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ. 

Sahabat yang paling mulia adalah kaum muhajirin karena mereka mengumpulkan antara hijrah dan pertolongan. Kemudian kaum ansar. 

Muhajirin yang paling mulia adalah empat khalifah yang lurus, yaitu Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsman, dan ‘Ali radhiyallahu ‘anhum

فَأَبُو بَكۡرٍ: هُوَ الصِّدِّيقُ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عُثۡمَانَ بۡنِ عَامِرٍ مِنۡ بَنِي تَيۡمٍ ابۡنِ مُرَّةَ بۡنِ كَعۡبٍ، أَوَّلُ مَنۡ آمَنَ بِرَسُولِ اللهِ ﷺ مِنَ الرِّجَالِ، وَصَاحِبُهُ فِي الۡهِجۡرَةِ وَنَائِبُهُ فِي الصَّلَاةِ وَالۡحَجِّ، وَخَلِيفَتُهُ فِي أُمَّتِهِ أَسۡلَمَ عَلَى يَدَيۡهِ خَمۡسَةٌ مِنَ الۡمُبَشِّرِينَ بِالۡجَنَّةِ: عُثۡمَانُ وَالزُّبَيۡرُ وَطَلۡحَةُ وَعَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ عَوۡفٍ وَسَعۡدُ بۡنُ أَبِي وَقَّاصٍ تُوُفِّيَ فِي جُمَادَى الۡآخِرَةِ سَنَةَ ١٣ هـ عَنۡ ٦٣ سَنَةٍ. 

وَهَٰؤُلَاءِ الۡخَمۡسَةُ مَعَ أَبِي بَكۡرٍ، وَعَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ، وَزَيۡدِ بۡنِ حَارِثَةَ، هُمۡ الثَّمَانِيَةُ الَّذِينَ سَبَقُوا النَّاسَ بِالۡإِسۡلَامِ. قَالَهُ ابۡنُ إِسۡحَاقَ. يَعۡنِي: مِنَ الذُّكُورِ بَعۡدَ الرِّسَالَةِ. 

Abu Bakr beliau adalah Ash-Shiddiq ‘Abdullah bin ‘Utsman bin ‘Amir dari bani Taim putra Murrah bin Ka’b. Orang pertama yang beriman kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari kalangan pria dewasa dan orang yang menyertai beliau ketika hijrah dan pengganti beliau dalam salat dan haji. Juga khalifah beliau pada umatnya. Lima orang yang diberi kabar gembira masuk janah masuk Islam melalui perantaraan beliau, yaitu: ‘Utsman, Az-Zubair, Thalhah, ‘Abdurrahman bin 'Auf, dan Sa’d bin Abu Waqqash. Beliau meninggal di bulan Jumadilakhir tahun 13 H dalam umur 63 tahun. 

Kelima orang tadi beserta Abu Bakr, ‘Ali bin Abu Thalib, dan Zaid bin Haritsah mereka adalah delapan orang yang paling awal masuk Islam. Hal ini dikatakan oleh Ibnu Ishaq. Yakni dari kalangan pria setelah masa kerasulan. 

وَعُمَرُ: هُوَ أَبُو حَفۡصٍ الۡفَارُوقُ عُمَرُ بۡنُ الۡخَطَّابِ مِنۡ بَنِي عَدِيِّ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ لُؤَيٍّ، أَسۡلَمَ فِي السَّنَةِ السَّادِسَةِ مِنَ الۡبِعۡثَةِ بَعۡدَ نَحۡوِ أَرۡبَعِينَ رَجُلًا وَإِحۡدَى عَشۡرَةَ امۡرَأَةً، فَفَرِحَ الۡمُسۡلِمُونَ بِهِ وَظَهَرَ الۡإِسۡلَامُ بِمَكَّةَ بَعۡدَهُ. اسۡتَخَلَفَهُ أَبُو بَكۡرٍ عَلَى الۡأُمَّةِ فَقَامَ بِأَعۡبَاءِ الۡخِلَافَةِ خَيۡرَ قِيَامٍ إِلَى أَنۡ قُتِلَ شَهِيدًا فِي ذِي الۡحِجَّةِ سَنَةَ ٢٣ هـ عَنۡ ٦٣ سَنَةٍ. 

‘Umar adalah Abu Hafsh Al-Faruq ‘Umar bin Al-Khaththab dari bani ‘Adi bin Ka’b bin Lu`ayy. Beliau masuk Islam pada tahun keenam setelah diutusnya Nabi. Sekitar setelah empat puluh pria dan sebelas wanita. Kaum muslimin bergembira dengan keislaman beliau dan Islam mulai tampak di Makkah setelahnya. Abu Bakr memilih beliau sebagai khalifah umat Islam. Maka, ‘Umar menunaikan tanggung jawab kekhalifahan dengan sebaik-baiknya sampai beliau terbunuh sebagai syahid di bulan Zulhijah tahun 23 H dalam usia 63 tahun. 

وَعُثۡمَانُ: هُوَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ ذُو النُّورَيۡنِ عُثۡمَانُ بۡنُ عَفَّانَ مِنۡ بَنِي أُمَيَّةَ بۡنِ عَبۡدِ شَمۡسِ بۡنِ عَبۡدِ مَنَافٍ. أَسۡلَمَ قَبۡلَ دُخُولِ النَّبِيِّ ﷺ دَارَ الۡأَرۡقَمِ، كَانَ غَنِيًّا سَخِيًّا تُوُلِّيَ الۡخِلَافَةُ بَعۡدَ عُمَرَ بۡنِ الۡخَطَّابِ بِاتِّفَاقِ أَهۡلِ الشُّورَى إِلَى أَنۡ قُتِلَ شَهِيدًا فِي ذِي الۡحِجَّةِ سَنَةَ ٣٥ هـ عَنۡ ٩٠ سَنَةٍ عَلَى أَحَدِ الۡأَقۡوَالِ. 

‘Utsman adalah Abu ‘Abdullah Dzun Nurain (pemilik dua cahaya) ‘Utsman bin ‘Affan dari bani Umayyah bin ‘Abdu Syams bin ‘Abdu Manaf. Beliau masuk Islam sebelum Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam masuk rumah Al-Arqam. Beliau adalah orang kaya yang pemurah. Beliau ditunjuk sebagai khalifah setelah ‘Umar bin Al-Khaththab dengan kesepakatan ahli syura hingga beliau dibunuh sebagai syahid pada bulan Zulhijah tahun 35 H dalam usia 90 tahun menurut salah satu pendapat.

وَعَلِيٌّ: وَهُوَ أَبُو الۡحَسَنِ عَلِيُّ بۡنُ أَبِي طَالِبٍ، وَاسۡمُ أَبِي طَالِبٍ عَبۡدُ مَنَافِ بۡنِ عَبۡدِ الۡمُطَّلِبِ أَوَّلُ مَنۡ أَسۡلَمَ مِنَ الۡغِلۡمَانِ، أَعۡطَاهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ الرَّايَةَ يَوۡمَ خَيۡبَرٍ فَفَتَحَ اللهُ عَلَى يَدَيۡهِ، وَبُويِعَ بِالۡخِلَافَةِ بَعۡدَ قَتۡلِ عُثۡمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، فَكَانَ هُوَ الۡخَلِيفَةُ شَرۡعًا إِلَى أَنۡ قُتِلَ شَهِيدًا فِي رَمَضَانَ سَنَةَ ٤٠ هـ عَنۡ ٦٣ سَنَةٍ. 

‘Ali adalah Abu Al-Hasan ‘Ali bin Abu Thalib. Nama Abu Thalib adalah ‘Abdu Manaf bin ‘Abdul Muththalib. Anak muda pertama yang masuk Islam. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memberinya bendera pada hari Khaibar sehingga Allah memberi kemenangan melalui kedua tangan beliau. Beliau dibaiat menjadi khalifah setelah terbunuhnya ‘Utsman radhiyallahu ‘anhuma. Maka, beliau adalah khalifah yang sah secara syariat hingga dibunuh sebagai syahid di bulan Ramadan pada tahun 40 H dalam usia 63 tahun.

وَأَفۡضَلُ هَٰؤُلَاءِ الۡأَرۡبَعَةِ: أَبُو بَكۡرٍ ثُمَّ عُمَرُ ثُمَّ عُثۡمَانُ ثُمَّ عَلِيٌّ لِحَدِيثِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: (كُنَّا نُخَيِّرُ بَيۡنَ النَّاسِ فِي زَمَنِ النَّبِيِّ ﷺ فَنُخَيِّرُ أَبَا بَكۡرٍ ثُمَّ عُمَرَ بۡنَ الۡخَطَّابِ ثُمَّ عُثۡمَانَ بۡنَ عَفَّانَ) رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ. وَلِأَبِي دَاوُد: (كُنَّا نَقُولُ وَرَسُولُ اللهِ ﷺ حَيٌّ: أَفۡضَلُ أُمَّةِ النَّبِيِّ ﷺ بَعۡدَهُ أَبُو بَكۡرٍ ثُمَّ عُمَرُ ثُمَّ عُثۡمَانُ) زَادَ الطَّبَرَانِيُّ فِي رِوَايَةٍ: (فَيَسۡمَعُ ذٰلِكَ النَّبِيُّ ﷺ فَلَا يُنۡكِرُهُ). 

هَٰذَا وَلَمۡ أَجِدِ اللَّفۡظَ الَّذِي ذَكَرَهُ الۡمُؤَلِّفُ بِزِيَادَةِ عَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ. 

Yang paling utama dari empat khalifah tersebut adalah Abu Bakr, lalu ‘Umar, lalu ‘Utsman, lalu ‘Ali berdasarkan hadis Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, “Dahulu kami memilih di antara orang-orang pada zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kami memilih Abu Bakr, kemudian ‘Umar bin Al-Khaththab, kemudian ‘Utsman bin 'Affan.” (HR. Al-Bukhari nomor 3655, Abu Dawud nomor 4627, dan At-Tirmidzi nomor 3707). 

Dalam riwayat Abu Dawud, “Dahulu kami mengatakan ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup: Umat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling afdal setelah beliau adalah Abu Bakr, kemudian ‘Umar, kemudian ‘Utsman.” (HR. Abu Dawud nomor 4628 dan dinilai sahih oleh Al-Hafizh di dalam Al-Fath 7/20 cetakan As-Salafiyyah). Ath-Thabarani menambahkan dalam satu riwayat, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengar hal itu dan beliau tidak mengingkarinya.”

Saya tidak mendapati lafal hadis yang disebutkan oleh mualif dengan tambahan ‘Ali bin Abu Thalib. 


[2] وَأَحَقُّهُمۡ بِالۡخِلَافَةِ بَعۡدَ النَّبِيِّ ﷺ أَبُو بَكۡرٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ؛ لِأَنَّهُ أَفۡضَلُهُمۡ وَأَسۡبَقُهُمۡ إِلَى الۡإِسۡلَامِ، وَلِأَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَدَّمَهُ فِي الصَّلَاةِ وَلِأَنَّ الصَّحَابَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ أَجۡمَعُوا عَلَى تَقۡدِيمِهِ وَمُبَايَعَتِهِ، وَلَا يَجۡمَعُهُمُ اللهُ عَلَى ضَلَالَةٍ. 

Yang paling berhak di antara mereka dengan kekhalifahan setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Abu Bakr radhiyallahu ‘anhu karena beliau adalah yang paling afdal dan paling dahulu di antara mereka dalam Islam. Dan karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengedepankan beliau dalam salat. Juga karena para sahabat radhiyallahu ‘anhum telah sepakat untuk mengedepankan beliau dan membaiat beliau. Allah tidak akan mengumpulkan para sahabat di atas kesesatan. 

ثُمَّ عُمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ؛ لِأَنَّهُ أَفۡضَلُ الصَّحَابَةِ بَعۡدَ أَبِي بَكۡرٍ، وَلِأَنَّ أَبَا بَكۡرٍ عَهِدَ بِالۡخِلَافَةِ إِلَيۡهِ. 

Kemudian ‘Umar radhiyallahu ‘anhu karena beliau adalah sahabat yang paling afdal setelah Abu Bakr dan karena Abu Bakr menentukan kekhalifahan kepada beliau. 

ثُمَّ عُثۡمَانُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ لِفَضۡلِهِ وَتَقۡدِيمِ أَهۡلِ الشُّورَى لَهُ وَهُمُ الۡمَذۡكُورُونَ ِي هَٰذَا الۡبَيۡتِ: 

عَلِيٌّ وَعُثۡمَانُ وَسَعۡدُ وَطَلۡحَةُ زُبَيۡرٌ وَذُو عَوۡفٍ رِجَالُ الۡمُشَوَّرَةِ 

Kemudian ‘Utsman radhiyallahu ‘anhu karena keutamaan beliau dan pengedepanan beliau oleh ahli syura. Ahli syura adalah orang-orang yang disebutkan dalam bait ini, “’Ali, ‘Utsman, Sa’d, Thalhah, Zubair, Dzu ‘Auf adalah para tokoh musyawarah.” 

ثُمَّ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ لِفَضۡلِهِ وَإِجۡمَاعِ أَهۡلِ عَصۡرِهِ عَلَيۡهِ. 

Kemudian ‘Ali radhiyallahu ‘anhu karena keutamaan dan kesepakatan kaum muslimin di zaman itu atasnya. 

وَهَٰؤُلَاءِ الۡأَرۡبَعَةُ هُمۡ الۡخُلَفَاءُ الرَّاشِدُونَ الۡمَهۡدِيُّونَ الَّذِينَ قَالَ فِيهِمُ النَّبِيُّ ﷺ: (عَلَيۡكُمۡ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الۡخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ مِنۡ بَعۡدِي عَضُّوا عَلَيۡهَا بِالنَّوَاجِذِ). 

Empat orang ini adalah para khalifah yang lurus dan terbimbing. Yaitu orang-orang yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan tentang mereka, “Wajib bagi kalian mengikuti sunahku dan sunah para khalifah yang lurus sepeninggalku. Gigitlah sunah itu dengan gigi geraham.” 

وَقَالَ: (الۡخِلَافَةُ بَعۡدِي ثَلَاثُونَ سَنَةً). رَوَاهُ أَحۡمَدُ وَأَبُو دَاوُدَ وَالتِّرۡمِذِيُّ. قَالَ الۡأَلۡبَنِيُّ: وَإِسۡنَادُهُ حَسَنٌ. 

فَكَانَ آخِرُهَا خِلَافَةَ عَلِيٍّ. هَٰكَذَا قَالَ الۡمُؤَلِّفُ، وَكَأَنَّهُ جَعَلَ خِلَافَةَ الۡحَسَنِ تَابِعَةً لِأَبِيهِ أَوۡ لَمۡ يَعۡتَبِرۡهَا حَيۡثُ أَنَّهُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ تَنَازَلَ عَنۡهَا. 

Mualif berkata, “Masa kekhalifahan setelahku adalah tiga puluh tahun.” Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, dan At-Tirmidzi. Al-Albani berkata: Sanadnya hasan. 

Jadi akhir kekhalifahan adalah kekhalifahan ‘Ali. Demikianlah yang dikatakan oleh mualif. Seakan-akan mualif menjadikan kekhalifahan Al-Hasan mengikuti ayahnya atau mualif tidak menganggapnya karena Al-Hasan radhiyallahu ‘anhu melepaskan diri dari tampuk kekhalifahan. 

فَخِلَافَةُ أَبِي بَكۡرٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ سَنَتَانِ وَثَلَاثَةُ أَشۡهُرٍ وَتِسۡعُ لَيَالٍ مِنۡ ١٣ رَبِيعِ الۡأَوَّلِ سَنَةَ ١١ هـ إِلَى ٢٢ جُمَادَى الۡآخِرَةِ سَنَةَ ١٣ هـ. 

وَخِلَافَةُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ عَشۡرُ سَنَوَاتٍ وَسِتَّةُ أَشۡهُرٍ وَثَلَاثَةُ أَيَّامٍ مِنۡ ٢٣ جُمَادَى الۡآخِرَةِ سَنَةَ ١٣ هـ إِلَى ٢٦ ذِي الۡحِجَّةِ سَنَةَ ٢٣ هـ. 

وَخِلَافَةُ عُثۡمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ اثۡنَتَا عَشۡرَةَ سَنَةً إِلَّا اثۡنَى عَشَرَ يَوۡمًا مِنۡ ١ مُحَرَّمٍ سَنَةَ ٢٤ هـ إِلَى ١٨ ذِي الۡحِجَّةِ سَنَةَ ٣٥ هـ. 

وَخِلَافَةُ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ أَرۡبَعُ سَنَوَاتٍ وَتِسۡعَةُ أَشۡهُرٍ مِنۡ ١٩ ذِي الۡحِجَّةِ سَنَةَ ٣٥ هـ إِلَى ١٩ رَمَضَانَ سَنَةَ ٤٠ هـ. 

Jadi masa kekhalifahan Abu Bakr radhiyallahu ‘anhu adalah dua tahun tiga bulan sembilan malam dari tanggal 13 Rabiulawal 11 H sampai 22 Jumadilakhir 13 H. Masa kekhalifahan ‘Umar radhiyallahu ‘anhu adalah sepuluh tahun enam bulan tiga hari sejak tanggal 23 Jumadilakhir 13 H sampai 26 Zulhijah 23 H. Masa kekhalifahan ‘Utsman radhiyallahu ‘anhu adalah dua belas tahun kurang dua belas hari sejak 1 Muharam 24 H sampai 18 Zulhijah 35 H. Masa kekhalifahan ‘Ali radhiyallahu ‘anhu adalah empat tahun sembilan bulan sejak 19 Zulhijah 35 H sampai 19 Ramadan 40 H. 

فَمَجۡمُوعُ خِلَافَةِ هَٰؤُلَاءِ الۡأَرۡبَعَةِ تِسۡعٌ وَعِشۡرُونَ سَنَةً وَسِتَّةُ أَشۡهُرٍ وَأَرۡبَعَةُ أَيَّامٍ. 

ثُمَّ بُويِعَ الۡحَسَنُ بۡنُ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا يَوۡمَ مَاتَ أَبُوهُ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ وَفِي رَبِيعِ الۡأَوَّلِ سَنَةَ ٤١ هـ سَلَّمَ الۡأَمۡرَ إِلَى مُعَاوِيَةَ، وَبِذٰلِكَ ظَهَرَتۡ آيَةُ النَّبِيِّ ﷺ فِي قَوۡلِهِ: (الۡخِلَافَةُ بَعۡدِي ثَلَاثُونَ سَنَةً)، وَقَوۡلُهُ فِي الۡحَسَنِ: (إِنَّ ابۡنِي هَٰذَا سَيِّدٌ، وَلَعَلَّ اللهُ أَنۡ يُصۡلِحَ بِهِ بَيۡنَ فِئَتَيۡنِ عَظِيمَتَيۡنِ مِنَ الۡمُسۡلِمِينَ). رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ. 

Jadi jumlah masa kekhalifahan keempat sahabat ini adalah dua puluh sembilan tahun enam bulan empat hari. Kemudian Al-Hasan bin ‘Ali radhiyallahu ‘anhu dibaiat pada hari meninggalnya ayahnya, yaitu ‘Ali radhiyallahu ‘anhu. Pada bulan Rabiulawal 41 H, beliau menyerahkan urusan kepada Mu’awiyah. Dengan itu, tampaklah kebenaran tanda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya, “Kekhalifahan sepeninggalku adalah tiga puluh tahun.” Dan sabda beliau kepada Al-Hasan, “Sesungguhnya cucuku ini adalah sayid. Semoga Allah mendamaikan melaluinya dua kelompok besar dari kaum muslimin.” (HR. Al-Bukhari nomor 2704).