Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 3097 dan 3098

٩٦ – بَابُ إِشۡعَارِ الۡبُدۡنِ 
96. Bab memberi tanda unta sembelihan 


٣٠٩٧ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ، وَعَلِيُّ بۡنُ مُحَمَّدٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ هِشَامٍ الدَّسۡتَوَائِيِّ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ أَبِي حَسَّانَ الۡأَعۡرَجِ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ أَشۡعَرَ الۡهَدۡىَ فِي السَّنَامِ الۡأَيۡمَنِ، وَأَمَاطَ عَنۡهُ الدَّمَ. وَقَالَ عَلِيٌّ فِي حَدِيثِهِ: بِذِي الۡحُلَيۡفَةِ، وَقَلَّدَ نَعۡلَيۡنِ. [(صحيح أبي داود)(١٥٣٨)، (الحج الأكبر)(٨/١): م]. 

3097. [Sahih] Abu Bakr bin Abu Syaibah dan ‘Ali bin Muhammad telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Waki’ menceritakan kepada kami dari Hisyam Ad-Dustawa`i, dari Qatadah, dari Abu Hassan Al-A’raj, dari Ibnu ‘Abbas; Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi tanda hewan hady di punuk bagian kanan dan menyeka darah darinya. ‘Ali berkata di dalam hadisnya: Di Dzu Al-Hulaifah dan beliau mengalunginya dengan sepasang sandal. 

٣٠٩٨ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ خَالِدٍ، عَنۡ أَفۡلَحَ، عَنِ الۡقَاسِمِ، عَنۡ عَائِشَةَ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَلَّدَ وَأَشۡعَرَ وَأَرۡسَلَ بِهَا، وَلَمۡ يَجۡتَنِبۡ مَا يَجۡتَنِبُ الۡمُحۡرِمُ. [(صحيح أبي داود) أَيضًا (١٥٤١): ق]. 

3098. [Sahih] Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hammad bin Khalid menceritakan kepada kami dari Aflah, dari Al-Qasim, dari ‘Aisyah; Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengalungi, memberi tanda, dan mengirimkan hewan hady. Beliau tidak menjauhi hal-hal yang dijauhi oleh orang yang berihram.