Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7006

١٥ - بَابُ اللَّبَنِ
15. Bab susu


٧٠٠٦ - حَدَّثَنَا عَبۡدَانُ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ: أَخۡبَرَنَا يُونُسُ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ: أَخۡبَرَنِي حَمۡزَةُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: أَنَّ ابۡنَ عُمَرَ قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: بَيۡنَا أَنَا نَائِمٌ أُتِيتُ بِقَدَحِ لَبَنٍ، فَشَرِبۡتُ مِنۡهُ، حَتَّى إِنِّي لَأَرَى الرِّيَّ يَخۡرُجُ مِنۡ أَظۡفَارِي، ثُمَّ أَعۡطَيۡتُ فَضۡلِي – يَعۡنِي – عُمَرَ)‏.‏ قَالُوا: فَمَا أَوَّلۡتَهُ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: (الۡعِلۡمَ). [طرفه في: ٨٢]. 

7006. ‘Abdan telah menceritakan kepada kami: ‘Abdullah mengabarkan kepada kami: Yunus mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri: Hamzah bin ‘Abdullah mengabarkan kepadaku bahwa Ibnu ‘Umar mengatakan: 

Aku mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Ketika aku sedang tidur malam, aku (mimpi) dihidangkan semangkuk susu. Aku minum darinya hingga aku benar-benar melihat cairan itu keluar dari kuku-kukuku. Kemudian aku memberikan sisa minumku.” Yakni kepada ‘Umar. 

Para sahabat bertanya, “Engkau menakwilkannya apa wahai Rasulullah?” 

Rasulullah menjawab, “Ilmu.”