Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3172

١٠ - بَابٌ ذِمَّةُ الۡمُسۡلِمِينَ وَجِوَارُهُمۡ وَاحِدَةٌ يَسۡعَى بِهَا أَدۡنَاهُمۡ
10. Bab jaminan keamanan dan suaka kaum muslimin adalah satu, jaminan tetap berlaku walau penjaminnya adalah kaum muslimin yang paling rendah martabatnya 


٣١٧٢ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ: أَخۡبَرَنَا وَكِيعٌ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ التَّيۡمِيِّ، عَنۡ أَبِيهِ قَالَ: خَطَبَنَا عَلِيٌّ فَقَالَ: مَا عِنۡدَنَا كِتَابٌ نَقۡرَؤُهُ إِلَّا كِتَابُ اللهِ وَمَا فِي هَٰذِهِ الصَّحِيفَةِ، فَقَالَ: فِيهَا الۡجِرَاحَاتُ وَأَسۡنَانُ الۡإِبِلِ، وَالۡمَدِينَةُ حَرَمٌ مَا بَيۡنَ عَيۡرٍ إِلَى كَذَا، فَمَنۡ أَحۡدَثَ فِيهَا حَدَثًا أَوۡ آوَى فِيهَا مُحۡدِثًا، فَعَلَيۡهِ لَعۡنَةُ اللهِ وَالۡمَلَائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجۡمَعِينَ، لَا يُقۡبَلُ مِنۡهُ صَرۡفٌ وَلَا عَدۡلٌ، وَمَنۡ تَوَلَّى غَيۡرَ مَوَالِيهِ فَعَلَيۡهِ مِثۡلُ ذٰلِكَ، وَذِمَّةُ الۡمُسۡلِمِينَ وَاحِدَةٌ، فَمَنۡ أَخۡفَرَ مُسۡلِمًا فَعَلَيۡهِ مِثۡلُ ذٰلِكَ. [طرفه في: ١١١]. 

3172. Muhammad telah menceritakan kepada kami: Waki’ mengabarkan kepada kami dari Al-A’masy, dari Ibrahim At-Taimi, dari ayahnya. Beliau berkata: ‘Ali berkhotbah kepada kami lalu berkata, “Kami tidak memiliki suatu kitab (suci) yang kami baca kecuali kitab Allah dan apa yang ada di dalam lembaran ini.” 

Beliau melanjutkan, “Di dalamnya ada hukum tentang diat (denda) akibat melukai dan umur-umur unta (untuk diat). Madinah adalah tanah haram (suci), yaitu antara ‘Air hingga tempat ini. Sehingga, siapa saja yang berbuat kemungkaran atau melindungi orang yang berbuat bidah di situ, maka laknat Allah, malaikat, dan manusia seluruhnya atasnya. Tidak diterima darinya amalan wajib, tidak pula amalan sunah. Siapa saja yang mengaku maula dari orang yang tidak memerdekakannya, maka semisal itu pula atasnya. Jaminan keamanan muslimin adalah satu. Maka, siapa saja yang melanggar jaminan keamanan seorang muslim, maka semisal itu atasnya.”