Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7174

٢٤ - بَابُ هَدَايَا الۡعُمَّالِ
24. Bab hadiah-hadiah para amil zakat


٧١٧٤ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ: أَنَّهُ سَمِعَ عُرۡوَةَ: أَخۡبَرَنَا أَبُو حُمَيۡدٍ السَّاعِدِيُّ قَالَ: اسۡتَعۡمَلَ النَّبِيُّ ﷺ رَجُلًا مِنۡ بَنِي أَسَدٍ، يُقَالُ لَهُ ابۡنُ الۡأُتَبِيَّةِ عَلَى صَدَقَةٍ، فَلَمَّا قَدِمَ قَالَ: هٰذَا لَكُمۡ وَهٰذَا أُهۡدِيَ لِي، فَقَامَ النَّبِيُّ ﷺ عَلَى الۡمِنۡبَرِ - قَالَ سُفۡيَانُ أَيۡضًا: فَصَعِدَ الۡمِنۡبَرَ - فَحَمِدَ اللهَ وَأَثۡنَى عَلَيۡهِ، ثُمَّ قَالَ: (مَا بَالُ الۡعَامِلِ نَبۡعَثُهُ، فَيَأۡتِي يَقُولُ: هٰذَا لَكَ وَهٰذَا لِي، فَهَلَّا جَلَسَ فِي بَيۡتِ أَبِيهِ وَأُمِّهِ فَيَنۡظُرُ أَيُهۡدَى لَهُ أَمۡ لَا؟ وَالَّذِي نَفۡسِي بِيَدِهِ، لَا يَأۡتِي بِشَىۡءٍ إِلَّا جَاءَ بِهِ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ يَحۡمِلُهُ عَلَى رَقَبَتِهِ: إِنۡ كَانَ بَعِيرًا لَهُ رُغَاءٌ، أَوۡ بَقَرَةً لَهَا خُوَارٌ، أَوۡ شَاةً تَيۡعَرُ). ثُمَّ رَفَعَ يَدَيۡهِ حَتَّى رَأَيۡنَا عُفۡرَتَىۡ إِبۡطَيۡهِ: (أَلَا هَلۡ بَلَّغۡتُ). ثَلَاثًا. قَالَ سُفۡيَانُ: قَصَّهُ عَلَيۡنَا الزُّهۡرِيُّ، وَزَادَ هِشَامٌ عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي حُمَيۡدٍ قَالَ: سَمِعَ أُذُنَاىَ، وَأَبۡصَرَتۡهُ عَيۡنِي، وَسَلُوا زَيۡدَ بۡنَ ثَابِتٍ، فَإِنَّهُ سَمِعَهُ مَعِي. وَلَمۡ يَقُلِ الزُّهۡرِيُّ: سَمِعَ أُذُنِي. ‏﴿‏خُوَارٌ‏﴾‏ [الۡأعراف: ١٤٨]: صَوۡتٌ، وَالۡجُؤَارُ مِنۡ ﴿‏تَجۡأَرُونَ﴾‏ [النحل: ٥٣] كَصَوۡتِ الۡبَقَرَةِ. [طرفه في: ٩٢٥].

7174. ‘Ali bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri: Bahwa beliau mendengar ‘Urwah: Abu Humaid As-Sa’idi mengabarkan kepada kami. Beliau berkata:

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menugaskan seorang pria dari bani Asad yang dipanggil dengan sebutan Ibnu Al-Utabiyyah untuk mengambil zakat mal. Ketika dia datang, dia berkata, “Ini untuk Anda, sedangkan ini dihadiahkan kepadaku.”

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berdiri di mimbar—Sufyan juga berkata: lalu beliau naik mimbar—lalu memuji dan menyanjung Allah, kemudian bersabda, “Bagaimana bisa seorang amil zakat yang kami kirim lalu dia datang dan mengatakan, ‘Ini untukmu, sedangkan ini untukku’?! Apa dia tidak duduk saja di rumah ayah dan ibunya lalu dia tunggu apakah dia diberi hadiah atau tidak? Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah dia datang dengan sedikit saja (harta zakat yang diambil dengan tidak benar) kecuali dia akan membawanya pada hari kiamat dengan memikulnya di atas lehernya. Bisa jadi nanti akan berupa seekor unta yang bersuara, atau seekor sapi yang melenguh, atau seekor kambing yang mengembik.”

Kemudian beliau mengangkat kedua tangannya hingga kami bisa melihat putih kedua ketiaknya, (lalu beliau bersabda), “Aku telah menyampaikan.” Sebanyak tiga kali.

Sufyan berkata: Az-Zuhri mengisahkannya kepada kami dan Hisyam menambahkan dari ayahnya, dari Abu Humaid. Beliau mengatakan: Kedua telingaku telah mendengar dan mataku telah melihatnya. Silakan tanya kepada Zaid bin Tsabit, karena dia mendengarnya bersama denganku. Az-Zuhri tidak mengatakan: Telingaku telah mendengar.

Khuwar” (QS. Al-A’raf: 148) artinya suara. Al-Ju`ar dari “taj`arun” (QS. An-Nahl: 53) (memekik) seperti suara sapi.