Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7197

٤١ - بَابُ مُحَاسَبَةِ الۡإِمَامِ عُمَّالَهُ
41. Bab imam memeriksa pekerjaan para amil zakatnya


٧١٩٧ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدَةُ: حَدَّثَنَا هِشَامُ بۡنُ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي حُمَيۡدٍ السَّاعِدِيِّ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ اسۡتَعۡمَلَ ابۡنَ الۡأُتَبِيَّةِ عَلَى صَدَقَاتِ بَنِي سُلَيۡمٍ، فَلَمَّا جَاءَ إِلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ وَحَاسَبَهُ قَالَ: هٰذَا الَّذِي لَكُمۡ، وَهٰذِهِ هَدِيَّةٌ أُهۡدِيَتۡ لِي، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (فَهَلَّا جَلَسۡتَ فِي بَيۡتِ أَبِيكَ وَبَيۡتِ أُمِّكَ حَتَّى تَأۡتِيَكَ هَدِيَّتُكَ إِنۡ كُنۡتَ صَادِقًا). ثُمَّ قَامَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فَخَطَبَ النَّاسَ، وَحَمِدَ اللهَ وَأَثۡنَى عَلَيۡهِ، ثُمَّ قَالَ: (أَمَّا بَعۡدُ، فَإِنِّي أَسۡتَعۡمِلُ رِجَالًا مِنۡكُمۡ عَلَى أُمُورٍ مِمَّا وَلَّانِي اللهُ، فَيَأۡتِي أَحَدُكُمۡ فَيَقُولُ: هٰذَا لَكُمۡ وَهٰذِهِ هَدِيَّةٌ أُهۡدِيَتۡ لِي، فَهَلَّا جَلَسَ فِي بَيۡتِ أَبِيهِ وَبَيۡتِ أُمِّهِ حَتَّى تَأۡتِيَهُ هَدِيَّتُهُ إِنۡ كَانَ صَادِقًا، فَوَاللهِ، لَا يَأۡخُذُ أَحَدُكُمۡ مِنۡهَا شَيۡئًا - قَالَ هِشَامٌ - بِغَيۡرِ حَقِّهِ، إِلَّا جَاءَ اللهَ يَحۡمِلُهُ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ، أَلَا فَلَأَعۡرِفَنَّ مَا جَاءَ اللهَ رَجُلٌ بِبَعِيرٍ لَهُ رُغَاءٌ، أَوۡ بِبَقَرَةٍ لَهَا خُوَارٌ، أَوۡ شَاةٍ تَيۡعَرُ). ثُمَّ رَفَعَ يَدَيۡهِ حَتَّى رَأَيۡتُ بَيَاضَ إِبۡطَيۡهِ: (أَلَا هَلۡ بَلَّغۡتُ). [طرفه في: ٩٢٥].

7197. Muhammad telah menceritakan kepada kami: ‘Abdah mengabarkan kepada kami: Hisyam bin ‘Urwah menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Abu Humaid As-Sa’idi:

Bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menugaskan Ibnu Al-Utabiyah untuk mengambil zakat bani Sulaim. Ketika dia datang kepada Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, beliau memeriksa pekerjaannya. Dia berkata, “Ini yang untuk Anda dan yang ini adalah hadiah yang dihadiahkan kepadaku.”

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Apa engkau tidak duduk saja di rumah ayahmu dan rumah ibumu hingga hadiahmu datang ke tempatmu jika engkau orang yang jujur?!”

Kemudian Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berdiri, berkhotbah kepada orang-orang. Beliau memuji dan menyanjung Allah kemudian bersabda, “Amabakdu, sesungguhnya aku menugaskan beberapa orang di antara kalian untuk urusan yang ditugaskan Allah kepadaku. Lalu salah seorang kalian datang dan berkata, ‘Ini untuk Anda, sedangkan ini adalah hadiah yang diberikan kepadaku.’ Apa dia tidak duduk saja di rumah ayahnya dan rumah ibunya sampai hadiahnya datang kepadanya jika dia orang yang jujur?! Demi Allah, tidaklah salah seorang kalian mengambil sedikit saja harta zakat—Hisyam berkata—dengan tidak benar kecuali dia akan datang kepada Allah dengan memikulnya pada hari kiamat. Aku pasti kelak akan mengenalinya yaitu seseorang yang datang kepada Allah dengan memikul seekor unta yang bersuara, atau seekor sapi yang melenguh, atau seekor kambing yang mengembik.”

Kemudian beliau mengangkat kedua tangannya hingga aku melihat putih kedua ketiaknya (dan beliau bersabda), “Aku telah menyampaikan.”