Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 4042

٤٠٤٢ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحِيمِ: أَخۡبَرَنَا زَكَرِيَّاءُ بۡنُ عَدِيٍّ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ الۡمُبَارَكِ، عَنۡ حَيۡوَةَ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنۡ أَبِي الۡخَيۡرِ، عَنۡ عُقۡبَةَ بۡنِ عَامِرٍ قَالَ: صَلَّى رَسُولُ اللهِ ﷺ عَلَى قَتۡلَى أُحُدٍ بَعۡدَ ثَمَانِي سِنِينَ، كَالۡمُوَدِّعِ لِلۡأَحۡيَاءِ وَالۡأَمۡوَاتِ، ثُمَّ طَلَعَ الۡمِنۡبَرَ فَقَالَ: (إِنِّي بَيۡنَ أَيۡدِيكُمۡ فَرَطٌ، وَأَنَا عَلَيۡكُمۡ شَهِيدٌ، وَإِنَّ مَوۡعِدَكُمُ الۡحَوۡضُ، وَإِنِّي لَأَنۡظُرُ إِلَيۡهِ مِنۡ مَقَامِي هٰذَا، وَإِنِّي لَسۡتُ أَخۡشَى عَلَيۡكُمۡ أَنۡ تُشۡرِكُوا، وَلَكِنِّي أَخۡشَى عَلَيۡكُمُ الدُّنۡيَا أَنۡ تَنَافَسُوهَا). قَالَ: فَكَانَتۡ آخِرَ نَظۡرَةٍ نَظَرۡتُهَا إِلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ. [طرفه في: ١٣٤٤].

4042. Muhammad bin ‘Abdurrahim telah menceritakan kepada kami: Zakariyya` bin ‘Adi mengabarkan kepada kami: Ibnu Al-Mubarak mengabarkan kepada kami dari Haiwah, dari Yazid bin Abu Habib, dari Abu Al-Khair, dari ‘Uqbah bin ‘Amir. Beliau mengatakan:

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mendoakan syuhada perang Uhud setelah delapan tahun, seakan-akan beliau melakukan perpisahan dengan orang-orang yang masih hidup dan orang-orang yang sudah mati. Kemudian beliau naik mimbar seraya bersabda, “Sesungguhnya aku akan mendahului di depan kalian dan aku adalah saksi terhadap kalian. Sesungguhnya tempat pertemuan dengan kalian adalah haud. Sungguh aku benar-benar sedang melihatnya dari tempatku berdiri ini. Sesungguhnya aku tidak khawatir kalian akan jatuh kepada kesyirikan, akan tetapi aku khawatir kalian akan berlomba-lomba dalam perkara dunia.”

‘Uqbah berkata, “Itulah saat terakhir aku melihat Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.”