Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1315

٥١ – بَابُ السُّرۡعَةِ بِالۡجَنَازَةِ 

51. Bab segera menyelenggarakan jenazah 

وَقَالَ أَنَسٌ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنۡتُمۡ مُشَيِّعُونَ، فَامۡشُوا بَيۡنَ يَدَيۡهَا، وَخَلۡفَهَا، وَعَنۡ يَمِينِهَا، وَعَنۡ شِمَالِهَا. وَقَالَ غَيۡرُهُ: قَرِيبًا مِنۡهَا. 
Anas radhiyallahu 'anhu berkata: Kalian mengantarkan jenazah, maka berjalanlah kalian di depannya, di belakangnya, di samping kanannya, dan di samping kirinya. Selain beliau berkata: Dekat dengan jenazah itu. 
١٣١٥ – حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ قَالَ: حَفِظۡنَاهُ مِنَ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ الۡمُسَيَّبِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (أَسۡرِعُوا بِالۡجَنَازَةِ، فَإِنۡ تَكُ صَالِحَةً فَخَيۡرٌ تُقَدِّمُونَهَا، وَإِنۡ تَكُ سِوَى ذٰلِكَ، فَشَرٌّ تَضَعُونَهُ عَنۡ رِقَابِكُمۡ). 
1315. 'Ali bin 'Abdullah telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami, beliau berkata: Kami menghafalnya dari Az-Zuhri, dari Sa'id ibnul Musayyab, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam beliau bersabda, “Segerakanlah menyelenggarakan jenazah. Jika jenazah itu baik, maka kalian mempercepat kebaikan untuknya. Dan jika jenazah itu tidak demikian keadaannya, maka kalian meletakkan kejelekan dari leher kalian.”