Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5070

٥ – بَابٌ مَنۡ هَاجَرَ أَوۡ عَمِلَ خَيۡرًا لِتَزۡوِيجِ امۡرَأَةٍ فَلَهُ مَا نَوَى

5. Bab barangsiapa berhijrah atau mengamalkan kebaikan dengan niat untuk menikahi seorang wanita, maka baginya apa yang telah dia niatkan

٥٠٧٠ – حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ قَزَعَةَ: حَدَّثَنَا مَالِكٌ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدٍ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ الۡحَارِثِ، عَنۡ عَلۡقَمَةَ بۡنِ وَقَّاصٍ، عَنۡ عُمَرَ بۡنِ الۡخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (الۡعَمَلُ بِالنِّيَّةِ، وَإِنَّمَا لِامۡرِىءٍ مَا نَوَى، فَمَنۡ كَانَتۡ هِجۡرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُولِهِ، فَهِجۡرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُولِهِ ﷺ، وَمَنۡ كَانَتۡ هِجۡرَتُهُ إِلَى دُنۡيَا يُصِيبُهَا، أَوِ امۡرَأَةٍ يَنۡكِحُهَا، فَهِجۡرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيۡهِ). [طرفه في: ١].
5070. Yahya bin Quza'ah telah menceritakan kepada kami: Malik menceritakan kepada kami, dari Yahya bin Sa'id, dari Muhammad bin Ibrahim bin Al-Harits, dari 'Alqamah bin Waqqash, dari 'Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu 'anhu. Beliau berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Amalan itu sesuai dengan niatnya dan seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan. Sehingga, barangsiapa berhijrah kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya kepada Allah dan RasulNya shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan barangsiapa berhijrah kepada dunia yang ingin dia dapatkan atau kepada wanita yang hendak dia nikahi, maka hijrahnya kepada apa yang dia berhijrah kepadanya.”