Cari Blog Ini

Sunan Abu Dawud hadits nomor 231

٢٣١ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، قَالَ: ثَنَا يَحۡيَى وَبِشۡرٌ، عَنۡ حُمَيۡدٍ، عَنۡ بَكۡرٍ، عَنۡ أَبِي رَافِعٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: لَقِيَنِي رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي طَرِيقٍ مِنۡ طُرُقِ الۡمَدِينَةِ وَأَنَا جُنُبٌ فَاخۡتَنَسۡتُ، فَذَهَبۡتُ فَاغۡتَسَلۡتُ، ثُمَّ جِئۡتُ فَقَالَ: (أَيۡنَ كُنۡتَ يَا أَبَا هُرَيۡرَةَ؟) قَالَ: قُلۡتُ: إِنِّي كُنۡتُ جُنُبًا فَكَرِهۡتُ أَنۡ أُجَالِسَكَ عَلَى غَيۡرِ طَهَارَةٍ، قَالَ: (سُبۡحَانَ اللهِ! إِنَّ الۡمُسۡلِمَ لَا يَنۡجُسُ). قَالَ: وَفِي حَدِيثِ بِشۡرٍ: قَالَ: ثَنَا حُمَيۡدٌ، قَالَ: ثَنِي بَكۡرٌ.
231. Musaddad telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Yahya dan Bisyr menceritakan kepada kami, dari Humaid, dari Bakr, dari Abu Rafi', dari Abu Hurairah, beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertemu aku di sebuah jalan di Madinah dalam keadaan aku junub. Maka aku menyelinap pergi lalu mandi. Lalu aku datang menemui beliau. Beliau bertanya, “Di mana kamu tadi, wahai Abu Hurairah?” Abu Hurairah menjawab: Saya tadi junub dan aku tidak suka duduk bersama engkau dalam keadaan tidak suci. Nabi bersabda, “Subhanallah, sesungguhnya seorang muslim itu tidak najis.” Beliau berkata: Di dalam hadits Bisyr: Beliau berkata: Humaid menceritakan kepada kami, beliau berkata: Bakr menceritakan kepadaku.