Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 125

٩٣ – بَابٌ فِي الۡمُسۡتَحَاضَةِ

93. Bab tentang wanita yang istihadhah

١٢٥ – (صحيح) حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ وَعَبۡدَةُ وَأَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ، قَالَتۡ: جَاءَتۡ فَاطِمَةُ بِنۡتُ أَبِي حُبَيۡشٍ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ فَقَالَتۡ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَنِّي امۡرَأَةٌ أُسۡتَحَاضُ فَلَا أَطۡهُرُ، أَفَأَدَعُ الصَّلَاةَ؟ قَالَ: (لَا، إِنَّمَا ذٰلِكَ عِرۡقٌ، وَلَيۡسَتۡ بِالۡحَيۡضَةِ، فَإِذَا أَقۡبَلَتِ الۡحَيۡضَةُ فَدَعِي الصَّلَاةَ، وَإِذَا أَدۡبَرَتۡ فَاغۡسِلِي عَنۡكِ الدَّمَ وَصَلِّي. قَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ فِي حَدِيثِهِ: وَقَالَ: (تَوَضَّئِي لِكُلِّ صَلَاةٍ حَتَّى يَجِيءَ ذٰلِكَ الۡوَقۡتُ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أُمِّ سَلَمَةَ. حَدِيثُ عَائِشَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَهُوَ قَوۡلُ غَيۡرِ وَاحِدٍ مِنۡ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَالتَّابِعِينَ. وَبِهِ يَقُولُ سُفۡيَانُ الثَّوۡرِيُّ، وَمَالِكٌ، وَابۡنُ الۡمُبَارَكِ، وَالشَّافِعِيُّ؛ أَنَّ الۡمُسۡتَحَاضَةَ إِذَا جَاوَزَتۡ أَيَّامَ أَقۡرَائِهَا اغۡتَسَلَتۡ وَتَوَضَّأَتۡ لِكُلِّ صَلَاةٍ. [(ابن ماجه) (٦٢١): ق].
125. Hannad telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Waki', 'Abdah, dan Abu Mu'awiyah menceritakan kepada kami, dari Hisyam bin 'Urwah, dari ayahnya, dari 'Aisyah, beliau berkata: Fathimah bintu Abu Hubaisy datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku wanita yang mengalami istihadhah, sehingga aku tidak suci. Apakah aku boleh meninggalkan shalat? Beliau menjawab, “Tidak, itu hanyalah darah yang berasal dari urat dan bukan darah haid. Sehingga apabila waktu haid tiba, tinggalkanlah shalat. Apabila waktu haid telah berlalu, cucilah darah darimu dan shalatlah.” Abu Mu'awiyah berkata di hadits beliau: Beliau berkata: “Wudhu`lah setiap akan shalat sampai datangnya waktu itu (waktu haid yang lain).” Dalam bab ini ada hadits dari Ummu Salamah. Hadits 'Aisyah ini adalah hadits hasan shahih. Dan ini juga merupakan pendapat lebih dari satu ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan tabi'in. Dan yang berpendapat dengan ini adalah Sufyan Ats-Tsauri, Malik, Ibnul Mubarak, dan Asy-Syafi'i. Yaitu bahwa wanita yang mengalami istihadhah apabila hari-hari quru` (haid)nya telah lewat, maka ia mandi dan berwudhu` setiap akan shalat.