Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1397

١٣٩٧ – حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحِيمِ: حَدَّثَنَا عَفَّانُ بۡنُ مُسۡلِمٍ: حَدَّثَنَا وُهَيۡبٌ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدِ بۡنِ حَيَّانَ، عَنۡ أَبِي زُرۡعَةَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ أَعۡرَابِيًّا أَتَى النَّبِيَّ ﷺ فَقَالَ: دُلَّنِي عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلۡتُهُ دَخَلۡتُ الۡجَنَّةَ. قَالَ: (تَعۡبُدُ اللهَ لَا تُشۡرِكُ بِهِ شَيۡئًا، وَتُقِيمُ الصَّلَاةَ الۡمَكۡتُوبَةَ، وَتُؤَدِّي الزَّكَاةَ الۡمَفۡرُوضَةَ، وَتَصُومُ رَمَضَانَ). قَالَ: وَالَّذِي نَفۡسِي بِيَدِهِ، لَا أَزِيدُ عَلَى هَٰذَ. فَلَمَّا وَلَّى، قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (مَنۡ سَرَّهُ أَنۡ يَنۡظُرَ إِلَى رَجُلٍ مِنۡ أَهۡلِ الۡجَنَّةِ، فَلۡيَنۡظُرۡ إِلَى هَٰذَا).
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، عَنۡ يَحۡيَى، عَنۡ أَبِي حَيَّانَ قَالَ: أَخۡبَرَنِي أَبُو زُرۡعَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ بِهَٰذَا.
1397. Muhammad bin 'Abdurrahim telah menceritakan kepadaku: 'Affan bin Muslim menceritakan kepada kami: Wuhaib menceritakan kepada kami, dari Yahya bin Sa'id bin Hayyan, dari Abu Zur'ah, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu: Bahwa seorang Arab badui datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam seraya berkata: Tunjukkan aku pada suatu amalan yang apabila aku mengerjakannya maka aku masuk surga. Beliau bersabda, “Engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukanNya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat wajib, menunaikan zakat yang wajib, dan berpuasa Ramadhan.” Orang itu berkata: Demi Allah yang jiwaku di tanganNya, aku tidak menambahi lebih dari ini. Ketika orang itu sudah pergi, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang ingin melihat seorang laki-laki yang termasuk penduduk surga, maka lihatlah orang ini.”
Musaddad telah menceritakan kepada kami, dari Yahya, dari Abu Hayyan, beliau berkata: Abu Zur'ah mengabarkan kepadaku, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dengan hadits ini.