Cari Blog Ini

Ad-Durarul Bahiyyah - Kitab Zakat

كِتَابُ الزَّكَاةِ

تَجِبُ فِي الۡأَمۡوَالِ الَّتِي سَتَأۡتِي إِذَا كَانَ الۡمَالِكُ مُكَلَّفًا.
Zakat itu wajib pada harta-harta yang akan disebutkan, apabila yang memilikinya adalah seseorang yang mukalaf.

بَابُ زَكَاةِ الۡحَيَوَانِ

إِنَّمَا تَجِبُ مِنۡهُ فِي النَّعَمِ، وَهِيَ الۡإِبِلُ وَالۡبَقَرُ وَالۡغَنَمُ.

Bab Zakat Hewan

Zakat hewan itu wajib pada hewan-hewan ternak, yaitu: unta, sapi, dan kambing.
فَصۡلٌ إِذَا بَلَغَتِ الۡإِبِلُ خَمۡسًا فَفِيهَا شَاةٌ، ثُمَّ فِي كُلِّ خَمۡسٍ شَاةٌ، فَإِذَا بَلَغَتۡ خَمۡسًا وَعِشۡرِينَ فَفِيهَا ابۡنَةُ مَخَاضٍ أَوِ ابۡنُ لَبُونٍ وَفِي سِتٍّ وَثَلَاثِينَ ابۡنَةُ لَبُونٍ، وَفِي سِتٍّ وَأَرۡبَعِينَ حِقَّةٌ، وَفِي إِحۡدَى وَسِتِّينَ جَذَعَةٌ، وَفِي سِتٍّ وَسَبۡعِينَ بِنۡتَا لَبُونٍ، وَفِي إِحۡدَى وَتِسۡعِينَ حِقَّتَانِ إِلَى مِائَةٍ وَعِشۡرِينَ، فَإِذَا زَادَتۡ فَفِي كُلِّ أَرۡبَعِينَ ابۡنَةٌ لَبُونٍ وَفِي كُلِّ خَمۡسِينَ حِقَّةٌ.

Pasal

Apabila unta itu jumlahnya mencapai lima, maka zakatnya satu ekor kambing. Apabila mencapai 25 ekor, maka zakatnya bintu makhadh (unta betina yang berumur satu tahun) atau ibnu labun (unta jantan yang berumur dua tahun). Pada 36 ekor, zakatnya bintu labun (unta betina yang berumur dua tahun). Pada 46 ekor, zakatnya hiqqah (unta betina yang berumur tiga tahun). Pada 61 ekor, zakatnya jadza’ah (unta betina yang berumur empat tahun). Pada 76 ekor, zakatnya dua ekor bintu labun. Pada 91 ekor, zakatnya dua hiqqah sampai 120 ekor. Apabila lebih dari itu, maka setiap 40 ekor zakatnya 1 ekor bintu labun dan setiap 50 ekor zakatnya satu hiqqah.
فَصۡلٌ وَيَجِبُ فِي ثَلَاثِينَ مِنَ الۡبَقَرِ تَبِيعٌ أَوۡ تَبِيعَةٌ وَفِي كُلِّ أَرۡبَعِينَ مُسِنَّةٌ، ثُمَّ كَذٰلِكَ.

Pasal

Wajib pada 30 ekor sapi, zakat satu ekor tabi’ atau tabi’ah (sapi berumur satu tahun). Dan setiap 40 ekor sapi satu ekor musinnah (sapi betina yang berumur dua tahun). Demikian seterusnya.
فَصۡلٌ وَيَجِبُ فِي أَرۡبَعِينَ مِنَ الۡغَنَمِ شَاةٌ إِلَى مِائَةٍ وَإِحۡدَى وَعِشۡرِينَ، وَفِيهَا شَاتَانِ إِلَى مِائَتَيۡنِ وَوَاحِدَةٍ، وَفِيهَا ثَلَاثُ شِيَاهٍ إِلَى ثَلَاثِمِائَةٍ وَوَاحِدَةٍ، وَفِيهَا أَرۡبَعٌ ثُمَّ فِي كُلِّ مِائَةٍ شَاةٌ.

Pasal

Wajib pada 40 ekor kambing, zakat 1 ekor kambing. Kemudian 121 ekor, zakat 2 ekor kambing. Kemudian 201 ekor, zakat 3 ekor kambing. Kemudian 301 ekor, zakat 4 ekor kambing. Kemudian setiap kelipatan seratus, zakatnya 1 ekor kambing. 
فَصۡلٌ وَلَا يُجۡمَعُ بَيۡنَ مُفۡتَرِقٍ مِنَ الۡأَنۡعَامِ، وَلَا يُفَرَّقُ بَيۡنَ مُجۡتَمِعٍ خَشۡيَةَ الصَّدَقَةِ وَلَا شَيۡءَ فِيمَا دُونَهُ الۡفَرِيضَةُ، وَلَا فِي الۡأَوۡقَاصِ، وَمَا كَانَ مِنۡ خَلِيطَيۡنِ فَيَتَرَاجَعَانِ السَّوِيَّةِ وَلَا تُؤۡخَذُ هَرِمَةٌ، وَلَا ذَاتُ عَوَرٍ وَلَا عَيۡبٍ، وَلَا صَغِيرَةٌ، وَلَا أَكُولَةٌ، وَلَا رَبَّى وَلَا مَاخِضٌ، وَلَا فَحۡلُ غَنَمٍ.

Pasal

Tidak boleh dikumpulkan binatang ternak yang terpisah dan tidak boleh dipisahkan yang terkumpul karena takut terkena zakat. Dan tidak ada kewajiban zakat apabila tidak mencapai jumlah minimal dan tidak ada (tambahan) zakat pada awqash (bilangan antara dua bilangan wajib zakat). Dan dua harta yang bercampur maka hitungan zakatnya kembali kepada keduanya sesuai dengan bagiannya. Zakat tidak diambil dari binatang yang sudah tua, hanya punya satu mata, cacat, kecil, mandul, dikandangkan untuk diperah susunya, bunting, dan kambing pejantan. 

بَابُ زَكَاةِ الذَّهَبِ وَالۡفِضَّةِ

هِيَ إِذَا حَالَ عَلَى أَحَدِهِمَا الۡحَوۡلُ رُبۡعَ الۡعُشۡرِ، وَنِصَابُ الذَّهَبِ عِشۡرُونَ دِينَارًا، وَنِصَابُ الۡفِضَّةِ مِائَتَا دِرۡهَمٍ وَلَا شَيۡءَ فِيمَا دُونَ ذٰلِكَ، وَلَا زَكَاةَ فِي غَيۡرِهِمَا مِنَ الۡجَوَاهِرِ وَأَمۡوَالِ التِّجَارَةِ وَالۡمُسۡتَغَلَّاتِ.

Bab Zakat Emas dan Perak

Apabila telah berlalu satu tahun, maka zakatnya 2,5%. Nisab emas adalah 20 dinar. Nisab perak 200 dirham. Tidak ada zakat pada yang kurang dari bilangan tersebut. Tidak ada zakat pada selain keduanya, seperti perhiasan batu mulia, harta perdagangan, dan harta yang dibisniskan.

بَابُ زَكَاةِ النَّبَاتِ

يَجِبُ الۡعُشۡرُ فِي الۡحِنۡطَةِ وَالشَّعِيرِ وَالذَّرَةِ وَالتَّمۡرِ وَالزَّبِيبِ وَمَا كَانَ يُسۡقَى بِالۡمَسۡنَى مِنۡهَا فَفِيهِ نِصۡفُ الۡعُشۡرِ، وَنِصَابُهَا خَمۡسَةُ أَوۡسُقٍ وَلَا شَيۡءَ فِيمَا عَدَا ذٰلِكَ، كَالۡخُضۡرَاوَاتِ وَغَيۡرِهَا، وَيَجِبُ فِي الۡعَسَلِ الۡعُشۡرُ، وَيَجُوزُ تَعۡجِيلُ الزَّكَاةِ وَعَلَى الۡإِمَامِ أَنۡ يَرُدَّ صَدَقَاتِ أَغۡنِيَاءِ كُلِّ مَحَلٍّ فِي فُقَرَائِهِمۡ، وَيَبۡرَأُ رَبُّ الۡمَالِ بِدَفۡعِهَا إِلَى السُّلۡطَانِ وَإِنۡ كَانَ جَائِرًا.

Bab Zakat Tanaman

Wajib zakat 10% pada gandum, jelai, jagung, kurma, kismis. Dan setiap tanaman yang diairi dengan bantuan binatang untuk mengangkut air, maka zakatnya 5%. Nisabnya lima wasaq (60 sha’). Tidak ada zakat pada selain tanaman tersebut, seperti sayur-sayuran dan selainnya. Madu wajib zakat 10%. Boleh menyegerakan zakat. Wajib bagi pemimpin untuk menarik zakat dari orang-orang kaya setempat untuk diserahkan kepada fakir miskin di daerah tersebut. Pemilik harta terjaga harta dan kehormatannya apabila sudah menyerahkan zakat kepada pemimpin walaupun pemimpin tersebut zalim.

بَابُ مَصَارِفِ الزَّكَاةِ

هِيَ ثَمَانِيَةٌ كَمَا فِي الۡآيَةِ، وَتَحۡرُمُ عَلَى بَنِي هَاشِمٍ وَمَوَالِيهِمۡ وَعَلَى الۡأَغۡنِيَاءِ وَالۡأَقۡوِيَاءِ الۡمُكۡتَسِبِينَ.

Bab Penyaluran Zakat

Yang menerima zakat ada delapan golongan yang disebutkan dalam ayat Alquran. Zakat haram untuk bani Hasyim dan maula-maula (budak yang dimerdekakan oleh) mereka, orang-orang kaya, dan orang-orang yang kuat dan berpenghasilan.

بَابُ صَدَقَةِ الۡفِطۡرِ

هُوَ صَاعٌ مِنَ الۡقُوتِ الۡمُعۡتَادِ عَنۡ كُلِّ فَرۡدٍ وَالۡوُجُوبُ عَلَى سَيِّدِ الۡعَبۡدِ وَمُنۡفِقِ الصَّغِيرِ وَنَحۡوِهِ وَيَكُونُ إِخۡرَاجُهَا قَبۡلَ صَلَاةِ الۡعِيدِ، وَمَنۡ لَا يَجِدۡ زِيَادَةً عَلَى قُوتِ يَوۡمِهِ وَلَيۡلَتِهِ فَلَا فُطۡرَةَ عَلَيۡهِ وَمَصۡرِفُهَا مَصۡرِفُ الزَّكَاةِ.

Bab Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah satu sha’ makanan pokok setempat dari setiap individu. Zakat fitrah wajib atas tuannya budak dan wajib atas yang menanggung nafkah anak kecil dan semisalnya. Waktu mengeluarkannya sebelum salat Id. Bagi setiap orang yang tidak mendapatkan kelebihan dari makanan pokok pada hari dan malam itu, maka tidak ada kewajiban zakat fitrah atasnya. Dan penyalurannya sama dengan penyaluran zakat.