Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1906

١١ – بَابُ قَوۡلِ النَّبِيِّ ﷺ: (إِذَا رَأَيۡتُمُ الۡهِلَالَ فَصُومُوا، وَإِذَا رَأَيۡتُمُوهُ فَأَفۡطِرُوا)

11. Bab sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Apabila kalian telah melihat hilal, maka berpuasalah. Dan apabila kalian melihatnya lagi, maka Idulfitri-lah.”

وَقَالَ صِلَةُ، عَنۡ عَمَّارٍ: مَنۡ صَامَ يَوۡمَ الشَّكِّ فَقَدۡ عَصَى أَبَا الۡقَاسِمِ ﷺ.
Shilah mengatakan, dari ‘Ammar: Siapa saja yang berpuasa pada hari yang diragukan, maka sungguh ia telah bermaksiat kepada Abul Qasim shallallahu ‘alaihi wa sallam.
١٩٠٦ – حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ ذَكَرَ رَمَضَانَ، فَقَالَ: (لَا تَصُومُوا حَتَّى تَرَوُا الۡهِلَالَ، وَلَا تُفۡطِرُوا حَتَّى تَرَوۡهُ، فَإِنۡ غُمَّ عَلَيۡكُمۡ فَاقۡدُرُوا لَهُ). [طرفه في: ١٩٠٠].
1906. ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami, dari Malik, dari Nafi’, dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut tentang Ramadan. Beliau bersabda, “Janganlah kalian berpuasa sampai kalian telah melihat hilal. Dan janganlah kalian berIdulfitri sampai kalian telah melihat hilal. Apabila terhalangi, maka perkirakanlah.”