٢٥١٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ مُوسَى، قَالَ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ الۡمُبَارَكِ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا لَيۡثُ بۡنُ سَعۡدٍ وَابۡنُ لَهِيعَةَ، عَنۡ قَيۡسِ بۡنِ الۡحَجَّاجِ. (ح) وَحَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡوَلِيدِ، قَالَ: حَدَّثَنَا لَيۡثُ بۡنُ سَعۡدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا قَيۡسُ بۡنُ الۡحَجَّاجِ الۡمَعۡنَى وَاحِدٌ، عَنۡ حَنۡشٍ الصَّنۡعَانِيِّ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: كُنۡتُ خَلۡفَ رَسُولِ اللهِ ﷺ يَوۡمًا، فَقَالَ: (يَا غُلَامُ إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ، احۡفَظِ اللهَ يَحۡفَظۡكَ، احۡفَظِ اللهَ تَجِدۡهُ تُجَاهَكَ، إِذَا سَأَلۡتَ فَاسۡأَلِ اللهَ، وَإِذَا اسۡتَعَنۡتَ فَاسۡتَعِنۡ بِاللهِ. وَاعۡلَمۡ أَنَّ الۡأُمَّةَ لَوِ اجۡتَمَعَتۡ عَلَى أَنۡ يَنۡفَعُوكَ بِشَيۡءٍ لَمۡ يَنۡفَعُوكَ إِلَّا بِشَيۡءٍ قَدَ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ، وَلَوِ اجۡتَمَعُوا عَلَى أَنۡ يَضُرُّوكَ بِشَيۡءٍ لَمۡ يَضُرُّوكَ إِلَّا بِشَيۡءٍ قَدۡ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيۡكَ، رُفِعَتِ الۡأَقۡلَامُ وَجَفَّتِ الصُّحُفُ). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. [(المشكاة)(٥٣٠٢)، (ظلال الجنة) (٣١٦ – ٣١٨)].
2516. Ahmad bin Muhammad bin Musa telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: ‘Abdullah bin Al-Mubarak mengabarkan kepada kami, beliau mengatakan: Laits bin Sa’d dan Ibnu Lahi’ah mengabarkan kepada kami, dari Qais bin Al-Hajjaj. (Dalam riwayat lain) ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman telah menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Abul Walid mengabarkan kepada kami, beliau mengatakan: Laits bin Sa’d menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Qais bin Al-Hajjaj menceritakan kepada kami dengan makna yang sama, dari Hansy Ash-Shan’ani, dari Ibnu ‘Abbas, beliau mengatakan: Aku pernah di belakang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada suatu hari. Ketika itu beliau bersabda, “Wahai anak muda, sesungguhnya aku akan mengajari engkau beberapa kalimat. Jagalah Allah niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah, engkau akan dapati Allah di hadapanmu. Apabila engkau meminta, mintalah kepada Allah. Apabila engkau mohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah, bahwa sekiranya semua umat berkumpul untuk memberikan engkau suatu manfaat, niscaya mereka tidak dapat memberimu manfaat kecuali yang telah Allah tetapkan untuk dirimu. Dan sekiranya mereka berkumpul untuk memberikan suatu mudarat kepadamu, niscaya mereka tidak dapat memudaratkanmu kecuali yang telah Allah tetapkan atasmu. Pena-pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering.” Ini adalah hadis hasan sahih.