Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1549 dan 1550

٢٦ – بَابُ التَّلۡبِيَةِ
26. Bab talbiah

١٥٤٩ – حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ يُوسُفَ: أَخۡبَرَنَا مَالِكٌ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّ تَلۡبِيَةَ رَسُولِ اللهِ ﷺ: (لَبَّيۡكَ اللَّهُمَّ لَبَّيۡكَ، لَبَّيۡكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيۡكَ، إِنَّ الۡحَمۡدَ وَالنِّعۡمَةَ لَكَ وَالۡمُلۡكَ، لَا شَرِيكَ لَكَ). [طرفه في: ١٥٤٠].
1549. ‘Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kepada kami: Malik mengabarkan kepada kami, dari Nafi’, dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma: Bahwa bacaan talbiah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah, “Aku penuhi panggilanMu ya Allah, aku penuhi panggilanMu. Aku penuhi panggilanMu, tidak ada sekutu bagiMu, aku penuhi panggilanMu. Sesungguhnya segala pujian, nikmat, dan kerajaan adalah milikMu. Tidak ada sekutu bagiMu.”
١٥٥٠ – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ يُوسُفَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ عُمَارَةَ، عَنۡ أَبِي عَطِيَّةَ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: إِنِّي لَأَعۡلَمُ كَيۡفَ كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يُلَبِّي: (لَبَّيۡكَ اللَّهُمَّ لَبَّيۡكَ، لَبَّيۡكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيۡكَ، إِنَّ الۡحَمۡدَ وَالنِّعۡمَةَ لَكَ). تَابَعَهُ أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ. وَقَالَ شُعۡبَةُ: أَخۡبَرَنَا سُلَيۡمَانُ: سَمِعۡتُ خَيۡثَمَةَ، عَنۡ أَبِي عَطِيَّةَ: سَمِعۡتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا.
1550. Muhammad bin Yusuf telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Al-A’masy, dari ‘Umarah, dari Abu ‘Athiyyah, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Sesungguhnya aku benar-benar mengetahui bagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertalbiah, “Aku penuhi panggilanMu ya Allah, aku penuhi panggilanMu. Aku penuhi panggilanMu, tidak ada sekutu bagiMu, aku penuhi panggilanMu. Sesungguhnya segala pujian dan nikmat adalah milikMu.” Dikuatkan oleh Abu Mu’awiyah dari Al-A’masy. Syu’bah mengatakan: Sulaiman mengabarkan kepada kami: Aku mendengar Khaitsamah, dari Abu ‘Athiyyah: Aku mendengar ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha.