Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1610 dan 1611

٦٠ – بَابُ تَقۡبِيلِ الۡحَجَرِ
60. Bab mencium hajar Aswad

١٦١٠ – حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ سِنَانٍ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بۡنُ هَارُونَ: أَخۡبَرَنَا وَرۡقَاءُ: أَخۡبَرَنَا زَيۡدُ بۡنُ أَسۡلَمَ، عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: رَأَيۡتُ عُمَرَ بۡنَ الۡخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَبَّلَ الۡحَجَرَ، وَقَالَ: لَوۡلَا أَنِّي رَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَبَّلَكَ مَا قَبَّلۡتُكَ. [طرفه في: ١٥٩٧].
1610. Ahmad bin Sinan telah menceritakan kepada kami: Yazid bin Harun menceritakan kepada kami: Warqa` mengabarkan kepada kami: Zaid bin Aslam mengabarkan kepada kami, dari ayahnya, beliau mengatakan: Aku pernah melihat ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu mencium hajar Aswad dan mengatakan: Seandainya aku tidak melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menciummu, niscaya aku tidak akan menciummu.
١٦١١ – حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنِ الزُّبَيۡرِ بۡنِ عَرَبِيٍّ قَالَ: سَأَلَ رَجُلٌ ابۡنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا عَنِ اسۡتِلَامِ الۡحَجَرِ، فَقَالَ: رَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَسۡتَلِمُهُ وَيُقَبِّلُهُ. قَالَ: قُلۡتُ: أَرَأَيۡتَ إِنۡ زُحِمۡتُ، أَرَأَيۡتَ إِنۡ غُلِبۡتُ؟ قَالَ: اجۡعَلۡ أَرَأَيۡتَ بِالۡيَمَنِ، رَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَسۡتَلِمُهُ وَيُقَبِّلُهُ.
1611. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Hammad menceritakan kepada kami, dari Az-Zubair bin ‘Arabi, beliau mengatakan: Seseorang bertanya kepada Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma tenteng menyentuh hajar Aswad. Beliau mengatakan: Aku telah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyentuh dan menciumnya. Orang itu mengatakan: Aku bertanya: Apa pendapatmu apabila aku berdesak-desakan dan aku gagal melakukannya? Beliau menjawab: Tinggalkan pertanyaan semacam itu dan ikutilah sunah ini, aku telah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyentuh dan menciumnya.