Cari Blog Ini

Zubair Ibnul ‘Awwam Hawari Rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam

لِكُلِّ نَبِيٍّ حَوَارِيٌّ وَحَوَارِيِّي الزُّبَيۡرُ
“Setiap Nabi memiliki pembela setia, dan pembela setiaku adalah Az Zubair.” [Muttafaq alaihi]

Sabda Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam tersebut mengingatkan kita akan keutamaan seorang sahabat mulia. Beliaulah Az Zubair bin Al Awwam radhiyallahu ‘anhu. Nama lengkap beliau adalah Az Zubair bin Al Awwam bin Khuwailid bin Asad bin Abdil Uzza bin Qusay Al Qurasy Al Asadi. Berkuniah Abu Abdillah, adapun Ibunya menjulukinya Abu Thahir dengan mengambil julukan paman beliau Zubair bin Abdul Muthalib. Berperawakan tinggi sehingga putranya, Urwah, menggambarkan sosoknya sebagai seorang yang ketika menunggang binatang tunggangan kaki beliau menyentuh tanah. Berkulit putih, namun ada yang mengatakan bahwa warna kulitnya sawo matang, memiliki banyak bulu badan, dengan jenggot dan jambang yang tipis. Beliau adalah seorang yang tegap dan kekar perawakannya. Cara berjalannya pun cepat dan mantap. Az Zubair dikenal sebagai ahli menunggang kuda yang pemberani, serta tangguh, kokoh, teguh dan sabar dalam medan pertempuran. Kedudukan keluarga yang terhormat serta kemuliaan nasab dan keturunan ini didukung oleh tubuhnya yang tegap dan fisik yang sempurna, juga sosoknya yang berwibawa menjadikan beliau sebagai seorang yang memiliki kedudukan yang tinggi di mata manusia.

Ibu beliau adalah Shafiyyah bintu Abdil Muthallib Al Hasyimi, bibi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga dari garis ibu Az Zubair adalah sepupu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sedang dari garis ayah, ayah beliau adalah saudara laki-laki dari Ummul mukminin Khadijah bintu Khuwailid. Sehingga Khadijah merupakan bibi beliau. Ayah Az Zubair, Al Awwam, meninggal ketika Zubair masih kecil. Sedangkan ibu beliau, merupakan wanita pemberani dan sangat tegas dalam mendidik putranya. Ia yang menginginkan putranya menjadi seorang yang berani sehingga memaksa Az Zubair agar belajar dan bekerja keras supaya menjadi besar jiwanya dan kuat raganya.

Tercatat ada beberapa nama wanita yang pernah menjadi Istri beliau; Asma’ binti Abu Bakar, Ummu Khalid Amah binti Sa’id bin Al Ash, Ar-Rabab binti Anif bin Ubaid, Zainab, Ummu Kultsum binti Uqbah bin Abu Mu’aith, dan Al Halal binti Qais. Anak-anak beliau ada banyak: Abdullah, Urwah, Mus’ab, Al Mundzir, Amr, Abidah, Ja’far, Aamir, Umair, Hamzah, dan lainnya. Kebanyakan anak beliau dinamai dengan nama para sahabat yang menjadi syuhada’.

KEISLAMAN


Az Zubair termasuk salah seorang dari as sabiqunal awwalun. Diperselisihkan tentang umur beliau saat masuk Islam, berumur 16 tahun, 15 tahun, 12 tahun, atau 8 tahun. Yang jelas beliau dilahirkan satu tahun yang sama dengan saat lahirnya Ali bin Abi Thalib, Thalhah, dan Saad bin Abi Waqqash. Beliau masuk Islam lewat perantaraan Abu Bakr sebagaimana Thalhah, Saad, Abdurrahman bin Auf, dan Utsman bin Affan. Beliau juga termasuk 7 orang pertama yang meyakini kebenaran ajaran Islam. Atau dikenal dengan istilah ‘as-sab’ah al-awaail fil Islam’. Beliau ikut berhijrah ke Habasyi (Ethiopia) hijrah yang pertama dan kedua. Kemudian juga ikut dalam peristiwa hijrah ke Madinah. Selama berjuang membela Islam, beliau senantiasa ikut dalam semua peperangan yang pernah dilakukan Rasulullah, tak pernah absen dalam mengikutinya.

Saat masih di Makkah, beliau dipersaudarakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, maka tatkala beliau berhijrah ke Madinah, Rasulullah pun mempersaudarakan beliau dengan Salamah bin Salamah radhiyallahu ‘anhu.

KEUTAMAAN AZ ZUBAIR BIN AL AWWAM RADHIYALLAHU ‘ANHU


Mengenal keutamaan beliau, sangatlah banyak. Dari sisi terdahulunya dalam Islam maka beliau termasuk tujuh orang yang pertama kali masuk Islam. Selain itu beliau adalah seorang yang ikut berhijrah ke Habasyah dua kali dan kemudian hijrah ke Madinah. Kemudian mengikuti semua perang bersama Rasulullah dan juga mengikut perjanjian Hudaibiyyah. Bahkan, Az Zubairlah sahabat yang pertama kali menghunuskan pedang dalam Islam. Beliau juga termasuk sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga. Beliau termasuk hawari atau pembela setia Rasulullah. Al Hawari adalah orang-orang khusus yang keseluruhannya dari suku Quraisy, sebagaimana diterangkan oleh Qatadah. Mereka adalah Abu Bakr, Umar, Utsman, Ali, Hamzah, Ja’far, Abu Ubaidah bin Jarah, Utsman bin Mazh’un, Abdurrahman bin Auf, Saad bin Abi Waqqash, Thalhah dan Az Zubair. Namun, Rasulullah menyebutkan beliau sebagai hawari beliau secara khusus sebagaimana hadis di muka, sehingga itu menjadi julukan beliau. Beliau juga termasuk 6 orang yang ditunjuk oleh Umar bin Al Khaththab radhiyallahu ‘anhu untuk berunding menentukan pengganti beliau, enam orang yang saat meninggalnya Rasulullah beliau ridha kepada mereka.

Demikian pula, yang menunjukkan keutamaan beliau adalah apa yang disampaikan oleh Ali bin Abi Thalib, bahwa beliau mengatakan, “Kedua telingaku ini telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Thalhah dan Zubair menjadi tetanggaku di surga.”

Az Zubair adalah seorang yang sukses dalam berdagang lagi memiliki sifat dermawan. Beliau senantiasa menginfakkan harta benda beliau di jalan Allah subhanahu wa ta’ala, sampai-sampai harta tersebut tiada yang sempat masuk ke rumahnya walau hanya satu dirham. Bahkan, di saat meninggal, beliau justru masih memiliki hutang. Az Zubair bin Al Awwam juga seorang yang wara’. Dalam rentang waktu yang lama bersama Rasulullah, serta kedekatan diri beliau dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keIslaman maupun nasab, beliau hanya meriwayatkan lebih kurang 38 hadits. Hal ini dikarenakan rasa takut beliau dalam menukilkan ucapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya, “Barang siapa berdusta terhadapku maka neraka adalah tempat tinggalnya.” [H.R. Al Bukhari].

PEPERANGAN DAN KEPAHLAWANAN


Tidak pernah sekali pun beliau absen dalam peperangan bersama Rasulullah, tentu ini sudah cukup untuk menunjukkan keutamaan Az Zubair radhiyallahu ‘anhu. Namun, menjadi pahlawan di semua medan pertempuran merupakan keistimewaan yang senantiasa beliau dapatkan. Sebagai contoh adalah saat terjadi pengepungan atas Bani Quraidzah, Rasulullah mengutus beliau bersama Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, lalu keduanya berdiri di depan benteng dan mengulangi kata-katanya, ‘Demi Allah kalian akan merasakan seperti yang telah dirasakan oleh Hamzah radhiyallahu ‘anhu, atau kami akan menaklukkan benteng ini.” Maka gentarlah pasukan musuh hingga beliau dapat masuk dan menakuti pasukan musuh dengan kecerdikan beliau dalam bertempur. Beliau juga menjadi pahlawan dalam perang Uhud, di mana saat itu beliaulah salah seorang sahabat penentu yang melindungi Rasulullah dari serbuan kaum musyrikin yang saat itu menguasai jalannya pertempuran. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahkan sempat mengatakan yang artinya, “Lemparkanlah panahmu, bapakku dan ibuku menjadi taruhannya.” Dalam perang Badar, Yarmuk, perang Hunain dan semua peperangan, beliau senantiasa menjadi pahlawan dalam peperangan tersebut.

PERANG JAMAL DAN KISAH KEMATIAN AZ ZUBAIR


Pada tahun ke 36 hijriyyah, terjadilah Perang Jamal. Thalhah, Az Zubair, dan Ummul Mukminin Aisyah, dan sahabat yang lainnya berdiri di satu pihak meminta diadilinya para pembunuh Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu. Sedangkan Ali bin Abi Thalib dan yang lainnya berada di pihak pengganti kekhalifahan setelah Utsman. Masing-masing pihak berijtihad dalam mengambil keputusan. Betapa sedihnya Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu saat melihat perselisihan ini, terlebih ketika melihat Ummul Mukminin Aisyah berada di atas unta memimpin pasukan. Ali bin Abi Thalib pun mengajak bicara Thalhah dan berkata, “Wahai Thalhah, pantaskah engkau membawa istri Rasulullah untuk berperang bersamamu, sedangkan engkau meninggalkan istrimu diam di rumah?” Lalu Ali juga menemui Az Zubair dan berkata kepadanya, “Wahai Zubair, aku meminta jawabanmu dengan nama Allah, apakah engkau ingat ketika suatu hari Rasulullah berlalu di depanmu dan kita berada di suatu tempat, lalu beliau berkata kepadamu yang artinya, “Wahai Zubair, apakah engkau mencintai Ali?” Maka engkau menjawab, “Mengapa aku sampai harus tidak mencintai saudara sepupuku, anak paman dan bibiku, dan ia termasuk orang yang seagama denganku?” Beliau berkata lagi kepadamu:
أَمَّا إِنَّكَ سَتُقَاتِلُ عَلِيًّا وَأَنۡتَ لَهُ ظَالِمٌ
“Wahai Zubair, demi Allah, engkau akan memeranginya, dan engkau berlaku zalim kepadanya.”

Zubair berkata, “Ya, aku ingat sekarang, hampir saja aku melupakannya. Demi Allah, aku tidak akan memerangimu.”

Thalhah dan Zubair pun akhirnya menyadari hal tersebut dan menarik diri dari peperangan ini dalam keadaan menyesal. Tetapi mereka harus membayar harga pengunduran diri ini dengan nayawanya. Zubair dikuntit oleh Amr bin Jarmuz seorang dari Bani Tamim, Fadhilah bin Haabis, dan Nafi’. Lalu beliau ditikam dari belakang oleh Amr bin Jarmuz As Sa’di. Amr bin Jarmuz adalah seorang Khawarij yang menyusup ke barisan Ali untuk memanfaatkan situasi.

Nama pembunuh Az Zubair dikhilafkan oleh para ulama: Amr, Abdullah, Umair, atau Amirah. Hal ini terjadi saat beliau sedang salat di suatu tempat yang bernama lembah Siba’ di hari Kamis, sepuluh hari terakhir di bulan Jumadil Ula tahun 36 hijriah. Di hari ini pula Perang Jamal pecah. Saat itu beliau berumur 66 atau 67 tahun.

Ketika pedang Az Zubair dibawa ke hadapan Ali, Ali menciumi pedang itu dan menangis tersedu-sedu. Ia berkata, “Demi Allah, inilah pedang yang mulia yang senantiasa digunakan pemiliknya untuk melindungi Rasulullah dari mara bahaya.” Setelah mengetahui kematian Az Zubair Ali bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu pun berkata kepada pembantunya, “Berikan kabar kepada pembunuh putra Shafiyyah dengan neraka, sungguh Rasulullah pernah bersabda kepada saya bahwa pembunuh Zubair adalah penghuni neraka.” Radhiyallahu anhum ajma’in, semoga Allah meridhai mereka semua. [Ustadz Hammam]

Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 53 vol.05 1437H-2015M, rubrik Figur.