Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6159 dan 6160

٩٥ - باب مَا جَاءَ فِى قَوۡلِ الرَّجُلِ: وَيۡلَكَ
95. Bab tentang ucapan seseorang: Wailaka (Celaka kamu)

٦١٥٩ - حَدَّثَنَا مُوسَى بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ: حَدَّثَنَا هَمَّامٌ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ النَّبِىَّ ﷺ رَأَى رَجُلًا يَسُوقُ بَدَنَةً، فَقَالَ: (ارۡكَبۡهَا). قَالَ: إِنَّهَا بَدَنَةٌ، قَالَ: (ارۡكَبۡهَا). قَالَ: إِنَّهَا بَدَنَةٌ، قَالَ: (ارۡكَبۡهَا وَيۡلَكَ). [طرفه في: ١٦٩٠].
6159. Musa bin Isma’il telah menceritakan kepada kami: Hammam menceritakan kepada kami, dari Qatadah, dari Anas radhiyallahu ‘anhu: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat seseorang menuntun seekor unta badanah (unta yang disiapkan untuk hadyu), lalu beliau bersabda, “Tunggangilah unta itu!” Orang itu berkata: Sesungguhnya ini adalah unta badanah. Nabi bersabda, “Tunggangilah!” Orang itu kembali berkata: Sesungguhnya ini adalah unta badanah. Nabi bersabda, “Tunggangilah! Celaka kamu.”
٦١٦٠ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ أَبِى الزِّنَادِ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِى هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ رَأَى رَجُلًا يَسُوقُ بَدَنَةً، فَقَالَ لَهُ: (ارۡكَبۡهَا). قَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّهَا بَدَنَةٌ، قَالَ: (ارۡكَبۡهَا وَيۡلَكَ). فِى الثَّانِيَةِ أَوۡ فِى الثَّالِثَةِ. [طرفه في: ١٦٨٩].
6160. Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami, dari Malik, dari Abuz Zinad, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat seseorang yang menuntun seekor unta badanah, lalu beliau berkata kepadanya, “Tunggangilah unta itu!” Orang itu berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya ini adalah unta badanah. Nabi bersabda pada kali yang kedua atau ketiga, “Tunggangilah! Celaka kamu.”