Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 83

٢٤ - بَابُ الۡفُتۡيَا وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى الدَّابَّةِ وَغَيۡرِهَا
24. Bab memberi fatwa dalam keadaan menaiki hewan tunggangan dan selainnya

٨٣ - حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ قَالَ: حَدَّثَنِي مَالِكٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عِيسَى بۡنِ طَلۡحَةَ بۡنِ عُبَيۡدِ اللهِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ الۡعَاصِ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ وَقَفَ فِي حَجَّةِ الۡوَدَاعِ بِمِنًى لِلنَّاسِ يَسۡأَلُونَهُ، فَجَاءَهُ رَجُلٌ فَقَالَ: لَمۡ أَشۡعُرۡ فَحَلَقۡتُ قَبۡلَ أَنۡ أَذۡبَحَ؟ فَقَالَ: (اذۡبَحۡ وَلاَ حَرَجَ). فَجَاءَ آخَرُ فَقَالَ: لَمۡ أَشۡعُرۡ فَنَحَرۡتُ قَبۡلَ أَنۡ أَرۡمِيَ؟ قَالَ: (ارۡمِ وَلَا حَرَجَ) فَمَا سُئِلَ النَّبِيُّ ﷺ عَنۡ شَىۡءٍ قُدِّمَ وَلَا أُخِّرَ إِلَّا قَالَ: (افۡعَلۡ وَلاَ حَرَجَ).
[الحديث ٨٣ – أطرافه في: ١٢٤، ١٧٣٦، ١٧٣٧، ١٧٣٨، ٦٦٦٥].
83. Isma’il telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Malik menceritakan kepadaku, dari Ibnu Syihab, dari ‘Isya bin Thalhah bin ‘Ubaidullah, dari ‘Abdullah bin ‘Amr ibnul ‘Ash: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berada di atas tunggangannya ketika haji wadak di Mina agar orang-orang bisa bertanya kepada beliau.
Seseorang datang seraya mengatakan, “Aku tidak mengerti sehingga aku sudah menggunduli kepala sebelum menyembelih.”
Nabi bersabda, “Sembelihlah! Tidak berdosa.”
Orang lain datang dan berkata, “Aku tidak mengerti sehingga aku sudah menyembelih sebelum aku melempari jamrah.”
Nabi bersabda, “Lemparlah! Tidak berdosa.”
Maka, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah ditanya tentang sesuatu pun yang diawalkan atau diakhirkan, kecuali beliau bersabda, “Kerjakanlah! Tidak berdosa.”