Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1334

٧١ - بَابُ الۡحَجِّ عَنِ الۡعَاجِزِ لِزَمَانَةٍ وَهَرَمٍ وَنَحۡوِهِمَا أَوۡ لِلۡمَوۡتِ
71. Bab haji atas nama orang yang lemah karena penyakit menahun atau tua renta dan semisal keduanya atau untuk orang yang sudah meninggal

٤٠٧ – (١٣٣٤) - حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ قَالَ: قَرَأۡتُ عَلَىٰ مَالِكٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ بۡنِ يَسَارٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَبَّاسٍ، أَنَّهُ قَالَ: كَانَ الۡفَضۡلُ بۡنُ عَبَّاسٍ رَدِيفَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فَجَاءَتۡهُ امۡرَأَةٌ مِنۡ خَثۡعَمَ تَسۡتَفۡتِيهِ، فَجَعَلَ الۡفَضۡلُ يَنۡظُرُ إِلَيۡهَا وَتَنۡظُرُ إِلَيۡهِ، فَجَعَلَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَصۡرِفُ وَجۡهَ الۡفَضۡلِ إِلَى الشِّقِّ الۡآخَرِ. قَالَتۡ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ فَرِيضَةَ اللهِ عَلَىٰ عِبَادِهِ فِي الۡحَجِّ أَدۡرَكَتۡ أَبِي شَيۡخًا كَبِيرًا، لَا يَسۡتَطِيعُ أَنۡ يَثۡبُتَ عَلَى الرَّاحِلَةِ، أَفَأَحُجُّ عَنۡهُ؟ قَالَ: (نَعَمۡ) وَذٰلِكَ فِي حَجَّةِ الۡوَدَاعِ.
407. (1334). Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku membaca di hadapan Malik, dari Ibnu Syihab, dari Sulaiman bin Yasar, dari ‘Abdullah bin ‘Abbas, bahwa beliau mengatakan: Dahulu Al-Fadhl bin ‘Abbas pernah membonceng Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu seorang wanita dari kabilah Khats’am datang untuk meminta fatwa kepada beliau. Al-Fadhl memandang kepadanya dan wanita itu pun memandang kepada Al-Fadhl. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memalingkan wajah Al-Fadhl ke arah lain.
Wanita itu berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibadah haji yang Allah wajibkan atas para hamba-Nya telah mengenai ayahku yang sudah tua renta dan tidak bisa mapan di atas tunggangannya. Apakah aku bisa menghajikan untuknya?”
Nabi menjawab, “Iya.” Dan kejadian itu ketika haji wadak.