Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1401

٥ – (١٤٠١) – وَحَدَّثَنِي أَبُو بَكۡرِ بۡنُ نَافِعٍ الۡعَبۡدِيُّ: حَدَّثَنَا بَهۡزٌ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ سَلَمَةَ، عَنۡ ثَابِتٍ، عَنۡ أَنَسٍ، أَنَّ نَفَرًا مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ سَأَلُوا أَزۡوَاجَ النَّبِيِّ ﷺ عَنۡ عَمَلِهِ فِي السِّرِّ؟ فَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: لَا أَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ. وَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: لَا آكُلُ اللَّحۡمَ. وَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: لَا أَنَامُ عَلَىٰ فِرَاشٍ. فَحَمِدَ اللهَ وَأَثۡنَىٰ عَلَيۡهِ. فَقَالَ: (مَا بَالُ أَقۡوَامٍ قَالُوا كَذَا وَكَذَا؟ لَكِنِّي أُصَلِّي وَأَنَامُ، وَأَصُومُ وَأُفۡطِرُ، وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ، فَمَنۡ رَغِبَ عَنۡ سُنَّتِي فَلَيۡسَ مِنِّي).
5. (1401). Abu Bakr bin Nafi’ Al-‘Abdi telah menceritakan kepadaku: Bahz menceritakan kepada kami: Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami, dari Tsabit, dari Anas, bahwa serombongan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada para istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal ibadah beliau ketika sendirian. Sebagian mereka berkata: Aku tidak akan menikahi para wanita. Sebagian mereka berkata: Aku tidak akan makan daging. Sebagian mereka berkata: Aku tidak akan tidur malam di atas kasur. Nabi memuji Allah dan menyanjung-Nya lalu bersabda, “Mengapa ada orang-orang yang berkata begini dan begini? Padahal aku salat dan aku tidur, aku puasa dan aku tidak puasa, dan aku menikahi para wanita. Maka, siapa saja yang membenci sunahku, ia bukan golonganku.”