Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 2860

٥٧ – (٢٨٦٠) – حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبي شَيۡبَةَ وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ وَإِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ وَابۡنُ أَبِي عُمَرَ. قَالَ إِسۡحَاقُ: أَخۡبَرَنَا. وَقَالَ الۡآخَرُونَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ، عَنۡ عَمۡرٍو، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ. سَمِعَ النَّبِيَّ ﷺ يَخۡطُبُ وَهُوَ يَقُولُ: (إِنَّكُمۡ مُلَاقُو اللهِ مُشَاةً حُفَاةً عُرَاةً غُرۡلًا).
وَلَمۡ يَذۡكُرۡ زُهَيۡرٌ فِي حَدِيثِهِ: يَخۡطُبُ.
[البخاري: كتاب الرقاق، باب الحشر، رقم: ٦٥٢٤].
57. (2860). Abu Bakr bin Abu Syaibah, Zuhair bin Harb, Ishaq bin Ibrahim, dan Ibnu Abu ‘Umar telah menceritakan kepada kami. Ishaq berkata: Telah mengabarkan kepada kami. Yang lain berkata: Sufyan bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami, dari ‘Amr, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbas. Beliau mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhotbah dan beliau bersabda, “Sesungguhnya kalian akan berjumpa Allah dalam keadaan berjalan kaki, tidak beralas kaki, tidak berbusana, dan tidak berkhitan.”
Zuhair tidak menyebutkan di dalam hadisnya: beliau berkhotbah.
٥٨ – (...) – حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ. (ح) وَحَدَّثَنَا عُبَيۡدُ اللهِ بۡنُ مُعَاذٍ: حَدَّثَنَا أَبِي، كِلَاهُمَا عَنۡ شُعۡبَةَ. (ح) وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّىٰ وَمُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ – وَاللَّفۡظُ لِابۡنِ الۡمُثَنَّىٰ – قَالَا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنِ الۡمُغِيرَةِ بۡنِ النُّعۡمَانِ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَامَ فِينَا رَسُولُ اللهِ ﷺ خَطِيبًا بِمَوۡعِظَةٍ. فَقَالَ: (يَا أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّكُمۡ تُحۡشَرُونَ إِلَىٰ اللهِ حُفَاةً عُرَاةً غُرۡلًا. ﴿كَمَا بَدَأْنَآ أَوَّلَ خَلْقٍ نُّعِيدُهُۥ ۚ وَعْدًا عَلَيْنَآ ۚ إِنَّا كُنَّا فَـٰعِلِينَ﴾ [الأنبياء: ١٠٤] أَلَا وَإِنَّ أَوَّلَ الۡخَلَائِقِ يُكۡسَىٰ، يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ، إِبۡرَاهِيمُ، عَلَيۡهِ السَّلَامُ، أَلَا وَإِنَّهُ سَيُجَاءُ بِرِجَالٍ مِنۡ أُمَّتِي فَيُؤۡخَذُ بِهِمۡ ذَاتَ الشِّمَالِ. فَأَقُولُ: يَا رَبِّ، أَصۡحَابِي. فَيُقَالُ: إِنَّكَ لَا تَدۡرِي مَا أَحۡدَثُوا بَعۡدَكَ. فَأَقُولُ، كَمَا قَالَ الۡعَبۡدُ الصَّالِحُ: ﴿وَكُنتُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا مَّا دُمْتُ فِيهِمْ ۖ فَلَمَّا تَوَفَّيْتَنِى كُنتَ أَنتَ ٱلرَّقِيبَ عَلَيْهِمْ ۚ وَأَنتَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ شَهِيدٌ ۝١١٧ إِن تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ ۖ وَإِن تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ ۝١١٨﴾ [المائدة: ١١٧-١١٨] قَالَ: فَيُقَالُ لِي: إِنَّهُمۡ لَمۡ يَزَالُوا مُرۡتَدِّينَ عَلَىٰ أَعۡقَابِهِمۡ مُنۡذُ فَارَقۡتَهُمۡ).
وَفِي حَدِيثِ وَكِيعٍ وَمُعَاذٍ (فَيُقَالُ: إِنَّكَ لَا تَدۡرِي مَا أَحۡدَثُوا بَعۡدَكَ).
58. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Waki’ menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) ‘Ubaidullah bin Mu’adz telah menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami, masing-masing keduanya dari Syu’bah. (Dalam riwayat lain) Muhammad ibnul Mutsanna dan Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami –dan redaksi hadis ini milik Ibnul Mutsanna-, keduanya berkata: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami, dari Al-Mughirah ibnun Nu’man, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbas, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di hadapan kami dalam keadaan berkhotbah dengan suatu wejangan. Beliau bersabda, “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya kalian akan dikumpulkan kepada Allah dalam keadaan tidak beralas kaki, tidak berbusana, dan tidak berkhitan. Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakannya. (QS. Al-Anbiya`: 104). Ketahuilah, sesungguhnya makhluk pertama yang diberi pakaian pada hari kiamat adalah Ibrahim ‘alaihis salam. Perhatikanlah! Sungguh akan didatangkan orang-orang dari kalangan umatku, lalu mereka digiring ke arah kiri (arah neraka). Lalu aku berkata: Wahai Rabbku, para sahabatku. Lalu dikatakan: Sesungguhnya engkau tidak tahu apa yang mereka ada-adakan sepeninggalmu. Lalu aku pun mengatakan seperti ucapan seorang hamba yang saleh: Dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Maidah: 117-118). Beliau berkata: Lalu dikatakan kepadaku: Sesungguhnya mereka terus-menerus dalam keadaan murtad kembali kafir semenjak engkau berpisah dengan mereka.”
Di dalam hadis Waki’ dan Mu’adz, “Lalu dikatakan: Sesungguhnya engkau tidak tahu apa yang mereka ada-adakan sepeninggalmu.”