Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5093 dan 5094

١٨ - بَابُ مَا يُتَّقَى مِنۡ شُؤۡمِ الۡمَرۡأَةِ
18. Bab tentang menjauhi kesialan wanita

وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿إِنَّ مِنۡ أَزۡوَاجِكُمۡ وَأَوۡلَادِكُمۡ عَدُوًّا لَكُمۡ﴾ [التغابن: ١٤].
Dan firman Allah taala, “Sesungguhnya di antara istri-istri kalian dan anak-anak kalian ada yang menjadi musuh bagi kalian.” (QS. At-Taghabun: 14).
٥٠٩٣ - حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ قَالَ: حَدَّثَنِي مَالِكٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ حَمۡزَةَ وَسَالِمٍ ابۡنَيۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (الشُّؤۡمُ فِي الۡمَرۡأَةِ، وَالدَّارِ، وَالۡفَرَسِ). [طرفه في: ٢٠٩٩].
5094. Isma’il telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Malik menceritakan kepadaku, dari Ibnu Syihab, dari Hamzah dan Salim dua putra ‘Abdullah bin ‘Umar, dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kesialan ada pada wanita (istri), rumah, dan kuda (kendaraan).”
٥٠٩٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ مِنۡهَالٍ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بۡنُ زُرَيۡعٍ: حَدَّثَنَا عُمَرُ بۡنُ مُحَمَّدٍ الۡعَسۡقَلَانِيُّ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ قَالَ: ذَكَرُوا الشُّؤۡمَ عِنۡدَ النَّبِيِّ ﷺ، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (إِنۡ كَانَ الشُّؤۡمُ فِي شَيۡءٍ فَفِي الدَّارِ، وَالۡمَرۡأَةِ، وَالۡفَرَسِ). [طرفه في: ٢٠٩٩].
5094. Muhammad bin Minhal telah menceritakan kepada kami: Yazid bin Zurai’ menceritakan kepada kami: ‘Umar bin Muhammad Al-‘Asqalani menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari Ibnu ‘Umar, beliau mengatakan: Mereka menyebutkan tentang kesialan di dekat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika ada kesialan pada sesuatu, maka ada pada rumah, wanita, dan kuda.”