Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1416

٦١ - (١٤١٦) - حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ نُمَيۡرٍ وَأَبُو أُسَامَةَ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ، عَنۡ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ قَالَ: نَهَىٰ رَسُولُ اللهِ ﷺ عَنِ الشِّغَارِ.
زَادَ ابۡنُ نُمَيۡرٍ: وَالشِّغَارُ: أَنۡ يَقُولَ الرَّجُلُ لِلرَّجُلِ: زَوِّجۡنِي ابۡنَتَكَ وَأُزَوِّجُكَ ابۡنَتِي، أَوۡ زَوِّجۡنِي أُخۡتَكَ وَأُزَوِّجُكَ أُخۡتِي.
61. (1416). Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Ibnu Numair dan Abu Usamah menceritakan kepada kami, dari ‘Ubaidullah, dari Abu Az-Zinad, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari nikah sigar.
Ibnu Numair menambahkan: Nikah sigar adalah seorang laki-laki mengatakan kepada laki-laki lain: Nikahkan aku dengan putrimu dan aku nikahkan kamu dengan putriku. Atau nikahkan aku dengan saudarimu dan aku nikahkan engkau dengan saudariku.
(...) - وَحَدَّثَنَاهُ أَبُو كُرَيۡبٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدَةُ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ - وَهُوَ ابۡنُ عُمَرَ - بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ. وَلَمۡ يَذۡكُرۡ زِيَادَةَ ابۡنِ نُمَيۡرٍ.
Abu Kuraib telah menceritakannya kepada kami: ‘Abdah menceritakan kepada kami, dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar melalui sanad ini. Namun beliau tidak menyebutkan tambahan Ibnu Numair.