Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 104

٣٨ - بَابٌ لِيُبَلِّغِ الۡعِلۡمَ الشَّاهِدُ الۡغَائِبَ
38. Bab seorang yang hadir agar menyampaikan ilmu kepada orang yang tidak hadir

قَالَهُ ابۡنُ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ.
Ibnu ‘Abbas mengatakannya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
١٠٤ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ يُوسُفَ قَالَ: حَدَّثَنِي اللَّيۡثُ قَالَ: حَدَّثَنِي سَعِيدٌ، عَنۡ أَبِي شُرَيۡحٍ: أَنَّهُ قَالَ لِعَمۡرِو بۡنِ سَعِيدٍ - وَهُوَ يَبۡعَثُ الۡبُعُوثَ إِلَى مَكَّةَ -: ائۡذَنۡ لِي أَيُّهَا الۡأَمِيرُ، أُحَدِّثۡكَ قَوۡلًا قَامَ بِهِ النَّبِيُّ ﷺ الۡغَدَ مِنۡ يَوۡمِ الۡفَتۡحِ، سَمِعَتۡهُ أُذُنَايَ، وَوَعَاهُ قَلۡبِي، وَأَبۡصَرَتۡهُ عَيۡنَايَ، حِينَ تَكَلَّمَ بِهِ حَمِدَ اللهَ وَأَثۡنَى عَلَيۡهِ، ثُمَّ قَالَ: (إِنَّ مَكَّةَ حَرَّمَهَا اللهُ، وَلَمۡ يُحَرِّمۡهَا النَّاسُ، فَلَا يَحِلُّ لاِمۡرِئٍ يُؤۡمِنُ بِاللهِ وَالۡيَوۡمِ الۡآخِرِ أَنۡ يَسۡفِكَ بِهَا دَمًا، وَلَا يَعۡضِدَ بِهَا شَجَرَةً، فَإِنۡ أَحَدٌ تَرَخَّصَ لِقِتَالِ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِيهَا فَقُولُوا: إِنَّ اللهَ قَدۡ أَذِنَ لِرَسُولِهِ، وَلَمۡ يَأۡذَنۡ لَكُمۡ، وَإِنَّمَا أَذِنَ لِي فِيهَا سَاعَةً مِنۡ نَهَارٍ، ثُمَّ عَادَتۡ حُرۡمَتُهَا الۡيَوۡمَ كَحُرۡمَتِهَا بِالۡأَمۡسِ، وَلۡيُبَلِّغِ الشَّاهِدُ الۡغَائِبَ).
فَقِيلَ لِأَبِي شُرَيۡحٍ: مَا قَالَ عَمۡرٌو؟ قَالَ: أَنَا أَعۡلَمُ مِنۡكَ يَا أَبَا شُرَيۡحٍ، لَا يُعِيذُ عَاصِيًا وَلَا فَارًّا بِدَمٍ وَلَا فَارًّا بِخَرۡبَةٍ. [الحديث ١٠٤ – طرفاه في: ١٨٣٢، ٤٢٩٥].
104. ‘Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Al-Laits menceritakan kepadaku, beliau berkata: Sa’id menceritakan kepadaku dari Abu Syuraih: Bahwa beliau berkata kepada ‘Amr bin Sa’id –beliau adalah orang yang mengirimkan pasukan ke Makkah-: Izinkan aku wahai amir untuk menceritakan kepadamu suatu ucapan yang pernah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampaikan pada pagi hari Fathu Makkah. Kedua telingaku mendengarnya, hatiku menghafalnya, dan kedua mataku melihatnya ketika beliau mengucapkannya. Beliau memuji Allah dan menyanjung-Nya, kemudian bersabda, “Sesungguhnya Makkah telah Allah sucikan dan bukan manusia yang menjadikannya kota suci. Maka, tidak halal bagi seorang pun yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk menumpahkan darah di sana dan memotong pohon di sana. Jika ada seseorang yang menganggap bolehnya dengan alasan peperangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di sana, maka katakanlah: Sesungguhnya Allah telah mengizinkan untuk Rasul-Nya dan tidak mengizinkan untuk kalian. Allah hanya mengizinkan untukku sesaat di siang hari, kemudian kesuciannya telah kembali pada hari ini seperti kesuciannya kemarin. Hendaknya orang yang hadir menyampaikan kepada orang yang tidak hadir.”
Ada yang bertanya kepada Abu Syuraih: Apa yang dikatakan ‘Amr? Beliau berkata: Aku lebih tahu daripada engkau wahai Abu Syuraih. (Kesucian Makkah) tidak melindungi orang yang bermaksiat, tidak pula orang yang kabur karena membunuh, dan tidak pula orang yang kabur karena berbuat kerusakan.