Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1119

٢٨ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الۡمُحِلِّ وَالۡمُحَلَّلِ لَهُ
28. Bab tentang muhalil (seorang pria yang menikahi wanita yang telah ditalak tiga oleh suami sebelumnya dengan tujuan akan menceraikannya agar menjadi halal untuk dinikahi kembali oleh mantan suami) dan muhallal lah (mantan suami yang merekayasa nikah tahlil)

١١١٩ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ الۡأَشَجُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَشۡعَثُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ زُبَيۡدٍ الۡأَيَامِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُجَالِدٌ، عَنِ الشَّعۡبِيِّ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ. وَعَنِ الۡحَارِثِ، عَنۡ عَلِيٍّ، قَالَا: إِنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ لَعَنَ الۡمُحِلَّ وَالۡمُحَلَّلَ لَهُ. وَفِي الۡبَابِ عَنِ ابۡنِ مَسۡعُودٍ، وَأَبِي هُرَيۡرَةَ، وَعُقۡبَةَ بۡنِ عَامِرٍ، وَابۡنِ عَبَّاسٍ. حَدِيثُ عَلِيٍّ وَجَابِرٍ حَدِيثٌ مَعۡلُولٌ. وَهَٰكَذَا رَوَى أَشۡعَثُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، عَنۡ مُجَالِدٍ، عَنۡ عَامِرٍ هُوَ الشَّعۡبِيُّ، عَنِ الۡحَارِثِ، عَنۡ عَلِيٍّ. وَعَامِرٍ عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. وَهَٰذَا حَدِيثٌ لَيۡسَ إِسۡنَادُهُ بِالۡقَائِمِ، لِأَنَّ مُجَالِدَ بۡنَ سَعِيدٍ قَدۡ ضَعَّفَهُ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ، مِنۡهُمۡ أَحۡمَدُ بۡنُ حَنۡبَلٍ. وَرَوَى عَبۡدُ اللهِ بۡنُ نُمَيۡرٍ هَٰذَا الۡحَدِيثَ عَنۡ مُجَالِدٍ، عَنۡ عَامِرٍ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ عَلِيٍّ، وَهَٰذَا قَدۡ وَهِمَ فِيهِ ابۡنُ نُمَيۡرٍ، وَالۡحَدِيثُ الۡأَوَّلُ أَصَحُّ، وَقَدۡ رَوَاهُ مُغِيرَةُ وَابۡنُ أَبِي خَالِدٍ وَغَيۡرُ وَاحِدٍ عَنِ الشَّعۡبِيِّ، عَنِ الۡحَارِثِ، عَنۡ عَلِيٍّ. [(ابن ماجه)(١٥٣٥)].
1119. Abu Sa’id Al-Asyajj telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Asy’ats bin ‘Abdurrahman bin Zubaid Al-Ayami telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Mujalid menceritakan kepada kami, dari Asy-Sya’bi, dari Jabir bin ‘Abdullah. Dan dari Al-Harits, dari ‘Ali. Keduanya mengatakan:
Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat muhalil dan muhallal lah.
Di dalam bab ini ada riwayat dari Ibnu Mas’ud, Abu Hurairah, ‘Uqbah bin ‘Amir, dan Ibnu ‘Abbas. Hadis ‘Ali dan Jabir adalah hadis yang ma’lul (mengandung ilat). Seperti ini pula yang diriwayatkan oleh Asy’ats bin ‘Abdurrahman dari Mujalid, dari ‘Amir yaitu Asy-Sya’bi, dari Al-Harits, dari ‘Ali. Juga ‘Amir dari Jabir bin ‘Abdullah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ini adalah hadis yang sanadnya tidak lurus karena Mujalid bin Sa’id telah dinyatakan daif oleh sebagian ulama, di antaranya adalah Ahmad bin Hanbal. ‘Abdullah bin Numair telah meriwayatkan hadis ini dari Mujalid, dari ‘Amir, dari Jabir bin ‘Abdullah, dari ‘Ali. Namun Ibnu Numair keliru dalam hadis ini dan hadis yang pertama lebih benar. Juga telah diriwayatkan oleh Mughirah, Ibnu Abu Khalid, dan lebih dari seorang dari Asy-Sya’bi, dari Al-Harits, dari ‘Ali.