Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2111

٧ - اخۡتِلَافُ أَهۡلِ الۡآفَاقِ فِي الرُّؤۡيَةِ
7. Perbedaan penduduk daerah yang berjauhan dalam melihat hilal

٢١١١ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ قَالَ: حَدَّثَنَا إِسۡمَعِيلُ قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ وَهُوَ ابۡنُ أَبِي حَرۡمَلَةَ قَالَ: أَخۡبَرَنِي كُرَيۡبٌ، أَنَّ أُمَّ الۡفَضۡلِ بَعَثَتۡهُ إِلَى مُعَاوِيَةَ بِالشَّامِ، قَالَ: فَقَدِمۡتُ الشَّامَ، فَقَضَيۡتُ حَاجَتَهَا، وَاسۡتَهَلَّ عَلَيَّ هِلَالُ رَمَضَانَ وَأَنَا بِالشَّامِ، فَرَأَيۡتُ الۡهِلَالَ لَيۡلَةَ الۡجُمُعَةِ، ثُمَّ قَدِمۡتُ الۡمَدِينَةَ فِي آخِرِ الشَّهۡرِ، فَسَأَلَنِي عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَبَّاسٍ، ثُمَّ ذَكَرَ الۡهِلَالَ، فَقَالَ: مَتَى رَأَيۡتُمۡ؟ فَقُلۡتُ: رَأَيۡنَاهُ لَيۡلَةَ الۡجُمُعَةِ، قَالَ: أَنۡتَ رَأَيۡتَهُ لَيۡلَةَ الۡجُمُعَةِ؟! قُلۡتُ: نَعَمۡ، وَرَآهُ النَّاسُ فَصَامُوا وَصَامَ مُعَاوِيَةُ، قَالَ: لَكِنۡ رَأَيۡنَاهُ لَيۡلَةَ السَّبۡتِ! فَلَا نَزَالُ نَصُومُ حَتَّى نُكۡمِلَ ثَلَاثِينَ يَوۡمًا؛ أَوۡ نَرَاهُ، فَقُلۡتُ: أَوَ لَا تَكۡتَفِي بِرُؤۡيَةِ مُعَاوِيَةَ وَأَصۡحَابِهِ؟ قَالَ: لَا؛ هٰكَذَا أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ ﷺ. [(الترمذي)(٦٩٦)، م].
2111. ‘Ali bin Hujr telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Isma’il menceritakan kepada kami, beliau berkata: Muhammad bin Abu Harmalah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Kuraib mengabarkan kepadaku, bahwa Ummu Al-Fadhl mengutusnya untuk menemui Mu’awiyah di Syam. Kuraib berkata: Aku pun tiba di Syam lalu aku menunaikan hajat Ummu Al-Fadhl. Hilal bulan Ramadan tampak ketika aku masih berada di Syam. Aku melihat hilal itu pada malam Jumat. Kemudian aku tiba di Madinah pada akhir bulan Ramadan. ‘Abdullah bin ‘Abbas menanyaiku, kemudian beliau menyebut tentang hilal.
Ibnu ‘Abbas bertanya, “Kapan kalian melihat hilal?”
Aku menjawab, “Kami melihatnya pada malam Jumat.”
Ibnu ‘Abbas berkata, “Engkau melihatnya pada malam Jumat?!”
Aku menjawab, “Iya. Orang-orang pun melihatnya lalu mereka dan Mu’awiyah puasa.”
Ibnu ‘Abbas mengatakan, “Kami melihat hilal pada malam Sabtu. Kami akan tetap berpuasa sampai menyempurnakan tiga puluh hari atau kami melihat hilal (Syawal).”
Aku berkata, “Tidakkah engkau cukup dengan rukyat Mu’awiyah dan para sahabatnya?”
Ibnu ‘Abbas mengatakan, “Tidak. Seperti inilah yang diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”