Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2244 dan 2245

٤٤ - بَابُ ثَوَابِ مَنۡ صَامَ يَوۡمًا فِي سَبِيلِ اللهِ - عَزَّ وَجَلَّ - وَذِكۡرِ الۡاخۡتِلَافِ عَلَى سُهَيۡلِ بۡنِ أَبِي صَالِحٍ فِي الۡخَبَرِ فِي ذٰلِكَ
44. Bab pahala orang yang berpuasa satu hari di jalan Allah azza wajalla dan penyebutan perbedaan riwayat Suhail bin Abu Shalih pada hadis itu

٢٢٤٤ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا يُونُسُ بۡنُ عَبۡدِ الۡأَعۡلَى قَالَ: أَخۡبَرَنِي أَنَسٌ عَنۡ سُهَيۡلِ بۡنِ أَبِي صَالِحٍ عَنۡ أَبِيهِ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ، قَالَ: (مَنۡ صَامَ يَوۡمًا فِي سَبِيلِ اللهِ - عَزَّ وَجَلَّ -؛ زَحۡزَحَ اللهُ وَجۡهَهُ عَنِ النَّارِ بِذٰلِكَ الۡيَوۡمِ سَبۡعِينَ خَرِيفًا). [(ابن ماجه)(١٧١٨)].
2244. Yunus bin ‘Abdul A’la telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Anas mengabarkan kepadaku dari Suhail bin Abu Shalih, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Siapa saja yang berpuasa satu hari di jalan Allah azza wajalla, maka Allah akan jauhkan wajahnya dari neraka dengan sebab satu hari itu selama tujuh puluh tahun.”
٢٢٤٥ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا دَاوُدُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ بۡنِ حَفۡصٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ الضَّرِيرُ عَنۡ سُهَيۡلٍ عَنِ الۡمَقۡبُرِيِّ عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ صَامَ يَوۡمًا فِي سَبِيلِ اللهِ؛ بَاعَدَ اللهُ بَيۡنَهُ وَبَيۡنَ النَّارِ بِذٰلِكَ الۡيَوۡمِ سَبۡعِينَ خَرِيفًا). [(ابن ماجه)(١٧١٩)، ق].
2245. Dawud bin Sulaiman bin Hafsh telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Abu Mu’awiyah Adh-Dharir menceritakan kepada kami dari Suhail, dari Al-Maqburi, dari Abu Sa’id Al-Khudri, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang berpuasa satu hari di jalan Allah, maka Allah akan jauhkan antara dia dengan neraka dengan satu hari itu selama tujuh puluh tahun.”