Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2276, 2277, dan 2278

٢٢٧٦ – (حسن) أَخۡبَرَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ عَلِيٍّ قَالَ: حَدَّثَنَا سُرَيۡجٌ قَالَ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ عُلَيَّةَ عَنۡ أَيُّوبَ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو قِلَابَةَ هَٰذَا الۡحَدِيثَ ثُمَّ قَالَ: هَلۡ لَكَ فِي صَاحِبِ الۡحَدِيثِ فَدَلَّنِي عَلَيۡهِ فَلَقِيتُهُ فَقَالَ: حَدَّثَنِي قَرِيبٌ لِي يُقَالُ لَهُ أَنَسُ بۡنُ مَالِكٍ؛ قَالَ: أَتَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ فِي إِبِلٍ كَانَتۡ لِي أُخِذَتۡ، فَوَافَقۡتُهُ وَهُوَ يَأۡكُلُ، فَدَعَانِي إِلَى طَعَامِهِ، فَقُلۡتُ: إِنِّي صَائِمٌ! فَقَالَ: (ادۡنُ أُخۡبِرۡكَ عَنۡ ذٰلِكَ؛ إِنَّ اللهَ وَضَعَ عَنِ الۡمُسَافِرِ الصَّوۡمَ وَشَطۡرَ الصَّلَاةِ). [انظر ما قبله].
2276. Abu Bakr bin ‘Ali telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Suraij menceritakan kepada kami, beliau berkata: Isma’il bin ‘Ulayyah menceritakan kepada kami dari Ayyub, beliau berkata: Abu Qilabah menceritakan kepadaku hadis ini. Kemudian beliau berkata: Apakah engkau tahu pemilik hadis ini sehingga bisa engkau tunjukkan dia kepadaku lalu aku menjumpainya? Beliau berkata: Kerabatku menceritakan kepadaku, ia dipanggil dengan nama Anas bin Malik. Beliau mengatakan: Aku datang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mencari untaku yang diambil. Aku pun menjumpai beliau ketika beliau sedang makan. Beliau mengajakku untuk ikut makan bersama, namun aku berkata: Sesungguhnya aku sedang berpuasa. Maka beliau bersabda, “Mendekatlah! Aku kabarkan kepadamu tentang hal itu. Sesungguhnya Allah menggugurkan puasa dan separuh salat dari musafir.”
٢٢٧٧ – (حسن) أَخۡبَرَنَا سُوَيۡدُ بۡنُ نَصۡرٍ قَالَ: أَنۡبَأَنَا عَبۡدُ اللهِ عَنۡ خَالِدٍ الۡحَذَّاءِ عَنۡ أَبِي قِلَابَةَ عَنۡ رَجُلٍ، قَالَ: أَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ لِحَاجَةٍ؛ فَإِذَا هُوَ يَتَغَدَّى، قَالَ: (هَلُمَّ إِلَى الۡغَدَاءِ)، فَقُلۡتُ: إِنِّي صَائِمٌ. قَالَ: (هَلُمَّ أُخۡبِرۡكَ عَنِ الصَّوۡمِ؛ إِنَّ اللهَ وَضَعَ عَنِ الۡمُسَافِرِ نِصۡفَ الصَّلَاةِ وَالصَّوۡمَ، وَرَخَّصَ لِلۡحُبۡلَى وَالۡمُرۡضِعِ). [انظر ما قبله].
2277. Suwaid bin Nashr telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: ‘Abdullah memberitakan kepada kami dari Khalid Al-Hadzdza`, dari Abu Qilabah, dari seseorang, beliau berkata: Aku datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk suatu keperluan. Ternyata beliau sedang makan siang.
Beliau bersabda, “Mari makan!”
Aku berkata, “Sesungguhnya aku berpuasa.”
Beliau bersabda, “Kemarilah! Aku kabarkan kepadamu tentang puasa. Sesungguhnya Allah menggugurkan separuh salat dan puasa dari musafir. Dan Allah memberikan rukhsah untuk wanita yang hamil dan menyusui.”
٢٢٧٨ - أَخۡبَرَنَا سُوَيۡدُ بۡنُ نَصۡرٍ قَالَ: أَنۡبَأَنَا عَبۡدُ اللهِ عَنۡ خَالِدٍ الۡحَذَّاءِ عَنۡ أَبِي الۡعَلَاءِ بۡنِ الشِّخِّيرِ عَنۡ رَجُلٍ نَحۡوَهُ.
2278. Suwaid bin Nashr telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: ‘Abdullah memberitakan kepada kami dari Khalid Al-Hadzdza`, dari Abu Al-‘Ala` bin Asy-Syikhkhir, dari seseorang, semisal hadis tersebut.