Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2279 dan 2280

٢٢٧٩ – (صحيح بما تقدم) أَخۡبَرَنَا قُتَيۡبَةُ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنۡ أَبِي بِشۡرٍ عَنۡ هَانِىءِ بۡنِ الشِّخِّيرِ عَنۡ رَجُلٍ مِنۡ بَلۡحَرِيشٍ، عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: كُنۡتُ مُسَافِرًا، فَأَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ وَأَنَا صَائِمٌ، وَهُوَ يَأۡكُلُ، قَالَ: (هَلُمَّ)، قُلۡتُ: إِنِّي صَائِمٌ! قَالَ: (تَعَالَ؛ أَلَمۡ تَعۡلَمۡ مَا وَضَعَ اللهُ عَنِ الۡمُسَافِرِ؟) قُلۡتُ: وَمَا وَضَعَ عَنِ الۡمُسَافِرِ؟ قَالَ: (الصَّوۡمَ وَنِصۡفَ الصَّلَاةِ).
2279. Qutaibah telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Abu ‘Awanah menceritakan kepada kami dari Abu Bisyr, dari Hani` bin Asy-Syikhkhir, dari seseorang yang berasal dari Balharisy, dari ayahnya, beliau berkata: Aku pernah melakukan safar, lalu aku bertemu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan aku berpuasa sementara beliau sedang makan.
Beliau bersabda, “Mari.”
Aku berkata, “Sesungguhnya aku berpuasa.”
Beliau bersabda, “Kemarilah! Tidakkah engkau mengetahui apa yang Allah gugurkan dari seorang musafir?”
Aku bertanya, “Apa yang Allah gugurkan dari seorang musafir?”
Beliau bersabda, “Puasa dan separuh salat.”
٢٢٨٠ – (صحيح بما قبله) أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ سَلَّامٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنۡ أَبِي بِشۡرٍ عَنۡ هَانِىءِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الشِّخِّيرِ عَنۡ رَجُلٍ مِنۡ بَلۡحَرِيشٍ، عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: كُنَّا نُسَافِرُ مَا شَاءَ اللهُ، فَأَتَيۡنَا رَسُولَ اللهِ ﷺ وَهُوَ يَطۡعَمُ، فَقَالَ: (هَلُمَّ فَاطۡعَمۡ)، فَقُلۡتُ: إِنِّي صَائِمٌ!، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أُحَدِّثُكُمۡ عَنِ الصِّيَامِ؛ إِنَّ اللهَ وَضَعَ عَنِ الۡمُسَافِرِ الصَّوۡمَ وَشَطۡرَ الصَّلَاةِ).
2280. ‘Abdurrahman bin Muhammad bin Sallam telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Abu Dawud menceritakan kepada kami, beliau berkata: Abu ‘Awanah menceritakan kepada kami dari Abu Bisyr, dari Hani` bin ‘Abdullah bin Asy-Syikhkhir, dari seseorang yang berasal dari Balharisy, dari ayahnya, beliau berkata: Kami pernah melakukan safar yang Allah kehendaki. Kami datang bertemu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sementara beliau sedang makan.
Beliau bersabda, “Kemarilah! Makanlah!”
Aku berkata, “Sesungguhnya aku berpuasa.”
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku ceritakan kepada kalian tentang puasa. Sesungguhnya Allah menggugurkan puasa dan separuh salat dari musafir.”