Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2379, 2380, dan 2381

٧٢ - النَّهۡيُ عَنۡ صِيَامِ الدَّهۡرِ وَذِكۡرُ الۡاخۡتِلَافِ عَلَى مُطَرِّفِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ فِي الۡخَبَرِ فِيهِ
72. Larangan puasa sepanjang tahun dan penyebutan perbedaan riwayat Mutharrif bin ‘Abdullah pada hadis dalam hal ini

٢٣٧٩ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ قَالَ: أَنۡبَأَنَا إِسۡمَاعِيلُ عَنِ الۡجُرَيۡرِيِّ عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الشِّخِّيرِ عَنۡ أَخِيهِ مُطَرِّفٍ عَنۡ عِمۡرَانَ، قَالَ: قِيلَ: يَا رَسُولَ اللهِ! إِنَّ فُلَانًا لَا يُفۡطِرُ نَهَارًا؛ الدَّهۡرَ؟! قَالَ: (لَا صَامَ وَلَا أَفۡطَرَ). [(التعليق الرغيب)(٢/٨٨)].
2379. ‘Ali bin Hujr telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Isma’il memberitakan kepada kami dari Al-Jurairi, dari Yazid bin ‘Abdullah bin Asy-Syikhkhir, dari saudaranya, yaitu Mutharrif, dari ‘Imran. Beliau berkata: Ada yang berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya si Polan tidak pernah tidak berpuasa di siang hari selama satu tahun. Beliau bersabda, “Dia tidak berpuasa, tidak pula tidak berpuasa.”
٢٣٨٠ – (صحيح) أَخۡبَرَنِي عَمۡرُو بۡنُ هِشَامٍ قَالَ: حَدَّثَنَا مَخۡلَدٌ عَنِ الۡأَوۡزَاعِيِّ عَنۡ قَتَادَةَ عَنۡ مُطَرِّفِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الشِّخِّيرِ أَخۡبَرَنِي أَبِي؛ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللهِ ﷺ -وَذُكِرَ عِنۡدَهُ رَجُلٌ يَصُومُ الدَّهۡرَ-؟ قَالَ: (لَا صَامَ وَلَا أَفۡطَرَ). [انظر ما قبله].
2380. ‘Amr bin Hisyam telah mengabarkan kepadaku, beliau berkata: Makhlad menceritakan kepada kami dari Al-Auza’i, dari Qatadah, dari Mutharrif bin ‘Abdullah bin Asy-Syikhkhir: Ayahku mengabarkan kepadaku bahwa beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika disebutkan di dekatnya ada seseorang yang berpuasa sepanjang tahun, beliau bersabda, “Dia tidak berpuasa, tidak pula tidak berpuasa.”
٢٣٨١ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ عَنۡ قَتَادَةَ قَالَ: سَمِعۡتُ مُطَرِّفَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الشِّخِّيرِ يُحَدِّثُ عَنۡ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ فِي صَوۡمِ الدَّهۡرِ: (لَا صَامَ وَلَا أَفۡطَرَ). [انظر ما قبله].
2381. Muhammad bin Al-Mutsanna telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Abu Dawud menceritakan kepada kami, beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Qatadah, beliau berkata: Aku mendengar Mutharrif bin ‘Abdullah bin Asy-Syikhkhir menceritakan dari ayahnya, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang puasa sepanjang masa, “Dia tidak berpuasa, tidak pula tidak berpuasa.”