Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7507

٧٥٠٧ - حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ إِسۡحَاقَ: حَدَّثَنَا عَمۡرُو بۡنُ عَاصِمٍ: حَدَّثَنَا هَمَّامٌ: حَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: سَمِعۡتُ عَبۡدَ الرَّحۡمَٰنِ بۡنَ أَبِي عَمۡرَةَ قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا هُرَيۡرَةَ قَالَ: سَمِعۡتُ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (إِنَّ عَبۡدًا أَصَابَ ذَنۡبًا، وَرُبَّمَا قَالَ: أَذۡنَبَ ذَنۡبًا، فَقَالَ: رَبِّ أَذۡنَبۡتُ، وَرُبَّمَا قَالَ: أَصَبۡتُ، فَاغۡفِرۡ لِي، فَقَالَ رَبُّهُ: أَعَلِمَ عَبۡدِي أَنَّ لَهُ رَبًّا يَغۡفِرُ الذَّنۡبَ وَيَأۡخُذُ بِهِ؟ غَفَرۡتُ لِعَبۡدِي، ثُمَّ مَكَثَ مَا شَاءَ اللهُ ثُمَّ أَصَابَ ذَنۡبًا، أَوۡ أَذۡنَبَ ذَنۡبًا، فَقَالَ: رَبِّ أَذۡنَبۡتُ - أَوۡ أَصَبۡتُ - آخَرَ فَاغۡفِرۡهُ، فَقَالَ: أَعَلِمَ عَبۡدِي أَنَّ لَهُ رَبًّا يَغۡفِرُ الذَّنۡبَ وَيَأۡخُذُ بِهِ؟ غَفَرۡتُ لِعَبۡدِي، ثُمَّ مَكَثَ مَا شَاءَ اللهُ، ثُمَّ أَذۡنَبَ ذَنۡبًا وَرُبَّمَا قَالَ: أَصَابَ ذَنۡبًا، فَقَالَ: رَبِّ أَصَبۡتُ – أَوۡ: أَذۡنَبۡتُ - آخَرَ فَاغۡفِرۡهُ لِي، فَقَالَ: أَعَلِمَ عَبۡدِي أَنَّ لَهُ رَبًّا يَغۡفِرُ الذَّنۡبَ وَيَأۡخُذُ بِهِ؟ غَفَرۡتُ لِعَبۡدِي، ثَلاَثًا، فَلۡيَعۡمَلۡ مَا شَاءَ).
7507. Ahmad bin Ishaq telah menceritakan kepada kami: ‘Amr bin ‘Ashim menceritakan kepada kami: Hammam menceritakan kepada kami: Ishaq bin ‘Abdullah menceritakan kepada kami: Aku mendengar ‘Abdurrahman bin Abu ‘Amrah, beliau berkata: Aku mendengar Abu Hurairah mengatakan: Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya ada seorang hamba yang melakukan suatu dosa, lalu ia berkata: Wahai Rabb-ku, aku telah berbuat dosa, ampunilah aku. Rabb-nya berkata: Apakah hamba-Ku tahu bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa dan menyiksanya dengan sebab dosa itu? Aku telah mengampuni hamba-Ku. Kemudian setelah beberapa lama yang Allah kehendaki, orang itu melakukan suatu dosa. Lalu ia berkata: Wahai Rabb-ku, aku telah berbuat dosa lain, ampunilah dosaku. Rabb-nya berkata: Apakah hamba-Ku tahu bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa dan menyiksanya dengan sebab dosa itu? Aku telah mengampuni hamba-Ku. Kemudian setelah beberapa lama yang Allah kehendaki, orang itu melakukan suatu dosa lagi. Ia berkata: Wahai Rabb-ku, aku telah melakukan dosa lain, ampunilah dosaku. Rabb-nya berkata: Apakah hamba-Ku tahu bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa dan menyiksa dengan sebab dosa itu? Aku telah mengampuni hamba-Ku. Sebanyak tiga kali. Maka, silakan ia beramal apa yang ia kehendaki.”