Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1145

١٤ - بَابُ الدُّعَاءِ فِي الصَّلَاةِ مِنۡ آخِرِ اللَّيۡلِ
14. Bab berdoa di dalam salat di akhir malam

وَقَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: ﴿كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيۡلِ مَا يَهۡجَعُونَ﴾: أَيۡ مَا يَنَامُونَ ﴿وَبِالۡأَسۡحَارِ هُمۡ يَسۡتَغۡفِرُونَ﴾ [الذاريات: ١٧-١٨].
Allah azza wajalla berfirman (yang artinya), “Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam.” مَا يَهۡجَعُونَ artinya mereka tidak tidur. “Dan di waktu sahur (pagi sebelum fajar) mereka memohon ampun.” (QS. Adz-Dzariyat: 17-18).
١١٤٥ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ وَأَبِي عَبۡدِ اللهِ الۡأَغَرِّ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (يَنۡزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيۡلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنۡيَا، حِينَ يَبۡقَى ثُلُثُ اللَّيۡلِ الۡآخِرُ، يَقُولُ: مَنۡ يَدۡعُونِي فَأَسۡتَجِيبَ لَهُ؟ مَنۡ يَسۡأَلُنِي فَأُعۡطِيَهُ؟ مَنۡ يَسۡتَغۡفِرُنِي فَأَغۡفِرَ لَهُ)؟
[الحديث ١١٤٥ – طرفاه في: ٦٣٢١، ٧٤٩٤].
1145. ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami dari Malik, dari Ibnu Syihab, dari Abu Salamah dan Abu ‘Abdullah Al-Agharr, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tuhan kita yang Mahasuci dan Mahatinggi turun pada setiap malam ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam yang akhir. Dia berkata: Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Siapa yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya.”