Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 758

٢٤ - بَابُ التَّرۡغِيبِ فِي الدُّعَاءِ وَالذِّكۡرِ فِي آخِرِ اللَّيۡلِ وَالۡإِجَابَةِ فِيهِ
24. Bab anjuran berdoa dan berzikir di akhir malam dan pengabulan pada saat itu

١٦٨ - (٧٥٨) - حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ. قَالَ: قَرَأۡتُ عَلَى مَالِكٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ أَبِي عَبۡدِ اللهِ الۡأَغَرِّ. وَعَنۡ أَبِي سَلَمَةَ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (يَنۡزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَىٰ كُلَّ لَيۡلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنۡيَا - حِينَ يَبۡقَىٰ ثُلُثُ اللَّيۡلِ الۡآخِرُ - فَيَقُولُ: مَنۡ يَدۡعُونِي فَأَسۡتَجِيبَ لَهُ، وَمَنۡ يَسۡأَلُنِي فَأُعۡطِيَهُ، وَمَنۡ يَسۡتَغۡفِرُنِي فَأَغۡفِرَ لَهُ).
[البخاري: كتاب التوحيد، باب قول الله تعالى: ﴿يريدون أن يبدلوا كلام الله﴾، رقم: ٧٤٩٤].
168. (758). Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku membaca di hadapan Malik, dari Ibnu Syihab, dari Abu ‘Abdullah Al-Agharr dan dari Abu Salamah bin ‘Abdurrahman, dari Abu Hurairah: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita yang Mahasuci dan Mahatinggi turun pada setiap malam ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam yang akhir lalu berfirman: Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa saja yang meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Dan siapa saja yang memohon ampunan-Ku, maka Aku akan mengampuninya.”
١٦٩ - (...) - وَحَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا يَعۡقُوبُ - وَهُوَ ابۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ الۡقَارِيُّ - عَنۡ سُهَيۡلِ بۡنِ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ قَالَ: (يَنۡزِلُ اللهُ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنۡيَا كُلَّ لَيۡلَةٍ - حِينَ يَمۡضِي ثُلُثُ اللَّيۡلِ الۡأَوَّلُ - فَيَقُولُ: أَنَا الۡمَلِكُ. أَنَا الۡمَلِكُ. مَنۡ ذَا الَّذِي يَدۡعُونِي فَأَسۡتَجِيبَ لَهُ، مَنۡ ذَا الَّذِي يَسۡأَلُنِي فَأُعۡطِيَهُ، مَنۡ ذَا الَّذِي يَسۡتَغۡفِرُنِي فَأَغۡفِرَ لَهُ، فَلَا يَزَالُ كَذٰلِكَ حَتَّى يُضِيءَ الۡفَجۡرُ).
169. Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami: Ya’qub bin ‘Abdurrahman Al-Qari menceritakan kepada kami dari Suhail bin Abu Shalih, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Allah turun ke langit dunia pada setiap malam ketika awal sepertiga malam telah berlalu, lalu berfirman: Aku adalah Raja. Aku adalah Raja. Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya. Hal itu berlangsung terus-menerus sampai fajar merekah.”
١٧٠ - (...) - حَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ مَنۡصُورٍ: أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡمُغِيرَةِ: حَدَّثَنَا الۡأَوۡزَاعِيُّ: حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ: حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ: قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِذَا مَضَى شَطۡرُ اللَّيۡلِ، أَوۡ ثُلُثَاهُ، يَنۡزِلُ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَىٰ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنۡيَا، فَيَقُولُ: هَلۡ مِنۡ سَائِلٍ يُعۡطَىٰ، هَلۡ مِنۡ دَاعٍ يُسۡتَجَابُ لَهُ، هَلۡ مِنۡ مُسۡتَغۡفِرٍ يُغۡفَرُ لَهُ، حَتَّى يَنۡفَجِرَ الصُّبۡحُ).
170. Ishaq bin Manshur telah menceritakan kepada kami: Abu Al-Mughirah mengabarkan kepada kami: Al-Auza’i menceritakan kepada kami: Yahya menceritakan kepada kami: Abu Salamah bin ‘Abdurrahman menceritakan kepada kami dari Abu Hurairah, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika separuh atau dua pertiga malam telah berlalu, Allah yang Mahasuci dan Mahatinggi turun ke langit dunia lalu berkata: Apa ada yang meminta? Ia akan diberi. Apa ada yang berdoa? Ia akan dikabulkan. Apa ada yang memohon ampun? Ia akan diampuni. Sampai masuk waktu subuh.
١٧١ - (...) - حَدَّثَنِي حَجَّاجُ بۡنُ الشَّاعِرِ: حَدَّثَنَا مُحَاضِرٌ أَبُو الۡمُوَرِّعِ: حَدَّثَنَا سَعۡدُ بۡنُ سَعِيدٍ. قَالَ: أَخۡبَرَنِي ابۡنُ مَرۡجَانَةَ. قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا هُرَيۡرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (يَنۡزِلُ اللهُ فِي السَّمَاءِ الدُّنۡيَا لِشَطۡرِ اللَّيۡلِ - أَوۡ لِثُلُثِ اللَّيۡلِ الۡآخِرِ - فَيَقُولُ: مَنۡ يَدۡعُونِي فَأَسۡتَجِيبَ لَهُ، أَوۡ يَسۡأَلُنِي فَأُعۡطِيَهُ، ثُمَّ يَقُولُ: مَنۡ يُقۡرِضُ غَيۡرَ عَدِيمٍ، وَلَا ظَلُومٍ).
قَالَ مُسۡلِمٌ: ابۡنُ مَرۡجَانَةَ هُو سَعِيدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ، وَمَرۡجَانَةُ أُمُّهُ.
171. Hajjaj bin Asy-Sya’ir telah menceritakan kepadaku: Muhadhir Abu Al-Muwarri’ menceritakan kepada kami: Sa’d bin Sa’id menceritakan kepada kami, beliau berkata: Ibnu Marjanah mengabarkan kepadaku, beliau berkata: Aku mendengar Abu Hurairah mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah turun ke langit dunia pada separuh atau sepertiga malam akhir lalu berkata: Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya; atau meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Kemudian Dia berkata: Siapa yang akan memberi pinjaman kepada (Allah) yang tidak butuh dan tidak zalim.”
Muslim berkata: Ibnu Marjanah adalah Sa’id bin ‘Abdullah, sedangkan Marjanah adalah ibunya.
(...) - حَدَّثَنَا هَارُونُ بۡنُ سَعِيدٍ الۡأَيۡلِيُّ: حَدَّثَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ. قَالَ: أَخۡبَرَنِي سُلَيۡمَانُ بۡنُ بِلَالٍ، عَنۡ سَعۡدِ بۡنِ سَعِيدٍ، بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ، وَزَادَ: (ثُمَّ يَبۡسُطُ يَدَيۡهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَىٰ يَقُولُ: مَنۡ يُقۡرِضُ غَيۡرَ عَدُومٍ وَلَا ظَلُومٍ).
Harun bin Sa’id Al-Aili telah menceritakan kepada kami: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami, beliau berkata: Sulaiman bin Bilal mengabarkan kepadaku dari Sa’d bin Sa’id melalui sanad ini dan beliau menambahkan, “Kemudian Allah yang Mahasuci dan Mahatinggi membuka kedua tangan-Nya seraya berkata: Siapa yang akan memberi pinjaman kepada (Allah) yang tidak butuh dan tidak zalim.”
١٧٢ - (...) - حَدَّثَنَا عُثۡمَانُ وَأَبُو بَكۡرِ ابۡنَا أَبِي شَيۡبَةَ وَإِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ الۡحَنۡظَلِيُّ - وَاللَّفۡظُ لِابۡنَيۡ أَبِي شَيۡبَةَ - قَالَ إِسۡحَاقُ: أَخۡبَرَنَا وَقَالَ الۡآخَرَانِ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ - عَنۡ مَنۡصُورٍ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنِ الۡأَغَرِّ أَبِي مُسۡلِمٍ. يَرۡوِيهِ عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ وَأَبِي هُرَيۡرَةَ. قَالَا: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنَّ اللهَ يُمۡهِلُ. حَتَّىٰ إِذَا ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيۡلِ الۡأَوَّلُ نَزَلَ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنۡيَا، فَيَقُولُ: هَلۡ مِنۡ مُسۡتَغۡفِرٍ، هَلۡ مِنۡ تَائِبٍ، هَلۡ مِنۡ سَائِلٍ، هَلۡ مِنۡ دَاعٍ، حَتَّى يَنۡفَجِرَ الۡفَجۡرُ).
172. ‘Utsman, Abu Bakr—dua putra Abu Syaibah—, dan Ishaq bin Ibrahim Al-Hanzhali telah menceritakan kepada kami. Lafal hadis ini milik dua putra Abu Syaibah. Ishaq berkata: Telah mengabarkan kepada kami. Dua orang lainnya berkata: Jarir menceritakan kepada kami dari Manshur, dari Abu Ishaq, dari Al-Agharr Abu Muslim. Beliau meriwayatkannya dari Abu Sa’id dan Abu Hurairah. Keduanya mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah menangguhkan sampai ketika sepertiga malam pertama telah pergi, Dia turun ke langit dunia dan berkata: Apa ada yang memohon ampun? Apa ada yang bertobat? Apa ada yang meminta? Apa ada yang berdoa? Sampai fajar merekah.”
(...) - وَحَدَّثَنَاهُ مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّىٰ وَابۡنُ بَشَّارٍ. قَالَا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ. غَيۡرَ أَنَّ حَدِيثَ مَنۡصُورٍ أَتَمُّ وَأَكۡثَرُ.
Muhammad bin Al-Mutsanna dan Ibnu Basysyar telah menceritakannya kepada kami. Keduanya berkata: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Abu Ishaq melalui sanad ini. Hanya saja hadis Manshur lebih lengkap dan lebih banyak.