Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 14

١٥ - (١٤) - وَحَدَّثَنِي أَبُو بَكۡرِ بۡنُ إِسۡحَاقَ: حَدَّثَنَا عَفَّانُ: حَدَّثَنَا وُهَيۡبٌ: حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ سَعِيدٍ، عَنۡ أَبِي زُرۡعَةَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ؛ أَنَّ أَعۡرَابِيًّا جَاءَ إِلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، دُلَّنِي عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلۡتُهُ دَخَلۡتُ الۡجَنَّةَ. قَالَ: (تَعۡبُدُ اللهَ لَا تُشۡرِكُ بِهِ شَيۡئًا، وَتُقِيمُ الصَّلَاةَ الۡمَكۡتُوبَةَ، وَتُؤَدِّي الزَّكَاةَ الۡمَفۡرُوضَةَ، وَتَصُومُ رَمَضَانَ). قَالَ: وَالَّذِي نَفۡسِي بِيَدِهِ، لَا أَزِيدُ عَلَى هَٰذَا شَيۡئًا أَبَدًا، وَلَا أَنۡقُصُ مِنۡهُ. فَلَمَّا وَلَّى، قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (مَنۡ سَرَّهُ أَنۡ يَنۡظُرَ إِلَى رَجُلٍ مِنۡ أَهۡلِ الۡجَنَّةِ، فَلۡيَنۡظُرۡ إِلَى هَٰذَا).
15. (14). Abu Bakr bin Ishaq telah menceritakan kepadaku: ‘Affan menceritakan kepada kami: Wuhaib menceritakan kepada kami: Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami dari Abu Zur’ah, dari Abu Hurairah; Bahwa seorang arab badui datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata, “Wahai Rasulullah, tunjukkan aku suatu amalan jika aku amalkan, aku bisa masuk surga.” Nabi bersabda, “Engkau beribadah kepada Allah tidak menyekutukan sesuatupun dengan-Nya, mendirikan salat wajib, menunaikan zakat fardu, dan berpuasa Ramadan.” Orang itu berkata, “Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, aku tidak menambah apapun lebih daripada ini selama-lamanya dan aku tidak menguranginya.” Ketika orang itu telah berbalik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang senang melihat seorang lelaki yang termasuk penduduk surga, maka lihatlah lelaki ini.”