Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5794

٨ - بَابُ لُبۡسِ الۡقَمِيصِ 
8. Bab mengenakan gamis 

وَقَوۡلِ اللهِ تَعَالَى حِكَايَةً عَنۡ يُوسُفَ: ﴿اذۡهَبُوا بِقَمِيصِي هَٰذَا فَأَلۡقُوهُ عَلَى وَجۡهِ أَبِي يَأۡتِ بَصِيرًا﴾ [يوسف: ٩٣]. 
Dan firman Allah taala menghikayatkan tentang Yusuf, “Pergilah kalian dengan gamisku ini, lalu letakkan ke wajah ayahku, nanti dia akan bisa melihat kembali.” (QS. Yusuf: 93). 
٥٧٩٤ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّ رَجُلًا قَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، مَا يَلۡبَسُ الۡمُحۡرِمُ مِنَ الثِّيَابِ؟ فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (لَا يَلۡبَسُ الۡمُحۡرِمُ الۡقَمِيصَ، وَلَا السَّرَاوِيلَ، وَلَا الۡبُرۡنُسَ، وَلَا الۡخُفَّيۡنِ، إِلَّا أَنۡ لَا يَجِدَ النَّعۡلَيۡنِ، فَلۡيَلۡبَسۡ مَا هُوَ أَسۡفَلُ مِنَ الۡكَعۡبَيۡنِ). [طرفه في: ١٣٤]. 
5794. Qutaibah telah menceritakan kepada kami: Hammad menceritakan kepada kami dari Ayyub, dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma: Bahwa seseorang bertanya, “Wahai Rasulullah, pakaian apa yang boleh dipakai oleh orang yang berihram?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang berihram tidak boleh memakai gamis, sirwal (celana panjang yang longgar), burnus (jubah yang memiliki penutup kepala), dan khuff (sejenis sepatu). Kecuali jika dia tidak mendapatkan sepasang sandal, maka dia boleh memakai apa saja yang lebih rendah daripada kedua mata kaki.”