Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 716 dan 717

٢٢ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الصَّوۡمِ عَنِ الۡمَيِّتِ 
22. Bab riwayat tentang puasa atas nama orang yang sudah meninggal 


٧١٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ الۡأَشَجُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الۡأَحۡمَرُ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ سَلَمَةَ بۡنِ كُهَيۡلٍ وَمُسۡلِمٍ الۡبَطِينِ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ وَعَطَاءٍ وَمُجَاهِدٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: جَاءَتِ امۡرَأَةٌ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ، فَقَالَتۡ: إِنَّ أُخۡتِي مَاتَتۡ وَعَلَيۡهَا صَوۡمُ شَهۡرَيۡنِ مُتَتَابِعَيۡنِ، قَالَ: (أَرَأَيۡتِ لَوۡ كَانَ عَلَى أُخۡتِكِ دَيۡنٌ أَكُنۡتِ تَقۡضِينَهُ؟)، قَالَتۡ: نَعَمۡ. قَالَ: (فَحَقُّ اللهِ أَحَقُّ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ بُرَيۡدَةَ، وَابۡنِ عُمَرَ، وَعَائِشَةَ. [(ابن ماجه)(١٧٥٨): ق]. 

716. [Sahih] Abu Sa’id Al-Asyajj telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Khalid Al-Ahmar menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Salamah bin Kuhail dan Muslim Al-Bathin, dari Sa’id bin Jubair, ‘Atha`, dan Mujahid, dari Ibnu ‘Abbas. Beliau mengatakan: 

Seorang wanita datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata, “Sesungguhnya saudara perempuanku sudah meninggal dalam keadaan punya tanggungan puasa dua bulan berturut-turut.” 

Nabi bersabda, “Apa pendapatmu andai saudara perempuanmu masih ada tanggungan utang, apakah engkau akan melunasinya?” 

Wanita itu menjawab, “Iya.” 

Nabi bersabda, “Maka, hak Allah lebih berhak (ditunaikan).” 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Buraidah, Ibnu ‘Umar, dan ‘Aisyah. 

٧١٧ - حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيۡبٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الۡأَحۡمَرُ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ، نَحۡوَهُ. حَدِيثُ ابۡنِ عَبَّاسٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ [صَحِيحٌ]. وَسَمِعۡتُ مُحَمَّدًا يَقُولُ: جَوَّدَ أَبُو خَالِدٍ الۡأَحۡمَرُ هَٰذَا الۡحَدِيثَ عَنِ الۡأَعۡمَشِ. قَالَ مُحَمَّدٌ: وَقَدۡ رَوَى غَيۡرُ أَبِي خَالِدٍ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ مِثۡلَ رِوَايَةِ أَبِي خَالِدٍ. وَرَوَى أَبُو مُعَاوِيَةَ وَغَيۡرُ وَاحِدٍ هَٰذَا الۡحَدِيثَ عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ مُسۡلِمٍ الۡبَطِينِ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، وَلَمۡ يَذۡكُرُوا فِيهِ سَلَمَةَ بۡنَ كُهَيۡلٍ، وَلَا عَنۡ عَطَاءٍ، وَلَا عَنۡ مُجَاهِدٍ. وَاسۡمُ أَبِي خَالِدٍ: سُلَيۡمَانُ بۡنُ حَبَّانَ. 

717. Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Khalid Al-Ahmad menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, melalui sanad ini semisal hadis tersebut. Hadis Ibnu ‘Abbas adalah hadis hasan sahih. Aku mendengar Muhammad berkata: Abu Khalid Al-Ahmar telah bagus dalam meriwayatkan hadis ini dari Al-A’masy. Muhammad berkata: Selain Abu Khalid juga telah meriwayatkan dari Al-A’masy semisal riwayat Abu Khalid. Abu Mu’awiyah dan lebih dari seorang telah meriwayatkan hadis ini dari Al-A’masy, dari Muslim Al-Bathin, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbas, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun mereka tidak menyebutkan Salamah bin Kuhail padanya, tidak pula dari ‘Atha`, dan tidak pula dari Mujahid. Nama Abu Khalid adalah Sulaiman bin Habban.