Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 743

٤٢ - بَابُ مَا جَاءَ فِي كَرَاهِيَةِ صَوۡمِ يَوۡمِ الۡجُمُعَةِ وَحۡدَهُ 
42. Bab riwayat tentang dibencinya puasa hari Jumat saja 


٧٤٣ – (صحيح) حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا يَصُومُ أَحَدُكُمۡ يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ إِلَّا أَنۡ يَصُومَ قَبۡلَهُ أَوۡ يَصُومَ بَعۡدَهُ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَلِيٍّ، وَجَابِرٍ، وَجُنَادَةَ الۡأَزۡدِيِّ، وَجُوَيۡرِيَةَ، وَأَنَسٍ، وَعَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو. حَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ؛ يَكۡرَهُونَ لِلرَّجُلِ أَنۡ يَخۡتَصَّ يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ بِصِيَامٍ، لَا يَصُومُ قَبۡلَهُ وَلَا بَعۡدَهُ. وَبِهِ يَقُولُ أَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ. [(ابن ماجه)(١٧٢٣): ق]. 

743. [Sahih] Hannad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah salah seorang kalian berpuasa pada hari Jumat kecuali dia juga berpuasa sehari sebelumnya atau berpuasa sehari setelahnya.” 

Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Ali, Jabir, Junadah Al-Azdi, Juwairiyah, Anas, dan ‘Abdullah bin ‘Amr. Hadis Abu Hurairah adalah hadis hasan sahih. Para ulama mengamalkan sesuai hadis ini. Mereka tidak menyukai seseorang mengkhususkan puasa hari Jumat, yaitu dia tidak berpuasa sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya. Yang berpendapat dengan ini adalah Ahmad dan Ishaq.