Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 1602 dan 1603

٣ - بَابُ ثَوَابِ مَنۡ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا 
3. Bab pahala siapa saja yang qiamulail di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala 


١٦٠٢ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا قُتَيۡبَةُ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ حُمَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (مَنۡ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). [(ابن ماجه)(١٣٢٦)، ق]. 

1602. [Sahih] Qutaibah telah mengabarkan kepada kami dari Malik, dari Ibnu Syihab, dari Humaid bin ‘Abdurrahman, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang qiamulail di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” 

١٦٠٣ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ إِسۡمَعِيلَ أَبُو بَكۡرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ أَسۡمَاءَ، قَالَ: حَدَّثَنَا جُوَيۡرِيَةُ، عَنۡ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ الزُّهۡرِيُّ: أَخۡبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ وَحُمَيۡدُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (مَنۡ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). [ق، انظر ما قبله]. 

1603. [Sahih] Muhammad bin Isma’il Abu Bakr telah mengabarkan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah bin Muhammad bin Asma`. Beliau berkata: Juwairiyah menceritakan kepada kami dari Malik. Beliau berkata: Az-Zuhri berkata: Abu Salamah bin ‘Abdurrahman dan Humaid bin ‘Abdurrahman mengabarkan kepadaku dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang salat malam di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala, niscaya dosanya yang telah lalu akan diampuni.”