Cari Blog Ini

PAKAR TAFSIR NAN ZUHUD

Tafsir Ath Thabari, kitab tafsir yang sangat besar. Lengkap dengan sanad dan riwayat-riwayat berkaitan dengan tafsir ayat dalam Al Quran. Para ulama pakar tafsir sangat mengenal kitab ini dan menjadikannya sebagai rujukan. Al Khatib Al Baghdadi menukil ucapan Ahmad bin Abi Thahir, beliau berkata, “Seandainya ada seseorang yang rihlah sampai Negeri China untuk bisa menulis tafsir seperti kitab tafsir ini, hasilnya tidak akan sebanding.” MasyaAllah, begitu besar dan begitu luasnya Tafsir Ath Thabari.

Mungkin muncul pertanyaan dalam benak kita, siapakah penulisnya? Penulisnya adalah Al Imam Ath Thabari rahimahullah. Pakar tafsir yang sangat terkenal keilmuannya. Yuk, kita simak biografi singkat beliau. 

Beliau bernama Muhammad bin Jarir bin Yazid Ath Thabari. Lahir pada tahun 224 H di daerah Aamul Thibristaan. Beliau keluar untuk menuntut ilmu pada tahun dua ratus empat puluhan, setelah menginjak usia dewasa dan telah menghafal Al Quran. Beliau keluar dari Aamul dan belajar di Mesir kemudian kembali ke Kota Baghdad. Di sanalah beliau menghasilkan karya-karya besar dalam berbagai bidang. Bahkan beliau dikenal sebagai imam dalam bidang fikih, tafsir, dan sejarah.

Beliau sangat bersemangat memberikan kebaikan dan ilmu. Beliau tidak pernah mengharap imbalan atau meminta imbalan. Ketulusan dan keikhlasanlah yang membuat beliau tidak berpikir panjang untuk berbagi ilmu. Beberapa orang penting kerajaan kala itu pernah meminta beliau untuk menulis beberapa pembahasan seputar fikih dan yang lain. Kemudian beliau menulis untuk mereka. Setelah karya beliau selesai mereka memberikan imbalan yang tidak sedikit. Seribu dinar, jumlah yang tidak sedikit diberikan kepada beliau sebagai imbalannya. Namun, meskipun yang memberi adalah orang yang mampu dan seandainya beliau menerima bukanlah sebuah kehinaan, beliau tetap tidak mau menerimanya. Hingga dikatakan kepada beliau, “Bila engkau tidak mau menerimanya, ambillah dan sedekahkan!” Dengan tegas beliau berkata, “Kalian lebih tahu harta kalian dan kalian sudah tahu siapakah yang berhak untuk disedekahi.” 

Padahal kalau kita melihat bagaimanakah perjuangan beliau untuk bisa menjadi seorang rujukan umat tidaklah mudah. Namun itu semua tidak membuat beliau lupa diri dan tenggelam dalam dunia. 

Abul Abbas Al Bakari rahimahullah mengisahkan, “Muhammad bin Jarir, Muhammad bin Khuzaimah, Muhammad bin Nashr Al Marwazi, dan Muhammad bin Harun Ar Ruuyani mereka semua rihlah menuju Mesir. Bekal mereka habis. Tidak ada yang bisa mereka makan. Rasa lapar menusuk perut-perut mereka. Suatu malam mereka berkumpul di rumah yang mereka singgahi. Mereka bermusyawarah apa yang harus dilakukan. Ya, perjalanan belajar masih panjang, namun bekal tidak cukup.

Mereka juga manusia sama seperti kita, merasakan lapar yang sangat hingga membuat mereka tidak fokus untuk belajar. Akhirnya mereka sepakat untuk mengundi. Siapa yang keluar namanya, maka dia harus keluar mencari makanan, meskipun harus meminta-minta. Ternyata yang keluar namanya adalah Ibnu Khuzaimah. Dengan berat hati beliau harus bersiap mental mencari makanan. Kesepakatan sudah jelas. Namun beliau meminta waktu untuk salat menghadap Allah.

“Berilah aku waktu. Aku ingin salat meminta pilihan kepada Allah!” Pintanya. Beliau diberi waktu. Beliau bersegera untuk salat. Di sana beliau menumpahkan semua yang dirasakan. Meminta dengan sangat kepada Sang Pencipta. Belum selesai beliau salat, tiba-tiba terdengar suara ketukan pintu. Ketika dibuka ternyata menteri Mesir yang mengetuknya. Tanpa basa-basi menteri itu bertanya, “Siapa di antara kalian yang bernama Muhammad bin Nashr?” “Ini yang kau cari!” Serentak mereka menjawab. Menteri itu mengeluarkan sebuah ikatan yang berisikan lima puluh dinar. Segera dia memberikannya kepada Muhammad bin Nashr.

Kembali mentri itu bertanya, “Siapa di antara kalian yang bernama Muhammad bin Jarir?” Segera dia memberikan ikatan yang sama dengan jumlah yang sama kepada beliau. Demikian pula menteri itu memberi Muhammad bin Khuzaimah dan Muhammad bin Harun Ar Ruuyaani jumlah yang sama. 

Tentu perasaan heran bercampur aduk menyelimuti mereka. Menteri ini berkata, “Kemarin Amir memerintah saya. Dia bermimpi bahwa ada empat Muhammad yang sedang kelaparan. Beliau pun mengirimkan untuk kalian ikatan-ikatan ini. Dan beliau berpesan juga, “Jika habis, utuslah seseorang dari kalian menemuiku!” Subhaanallah, pertolongan Allah pasti dan benar adanya bagi siapa saja yang berjuang di jalan-Nya. Itulah fakta dari perjalanan para pendahulu kita yang membuat mereka akhirnya menjadi rujukan umat. 

Harun bin Abdil Aziz rahimahullah juga mengisahkan hal yang serupa, “Ketika Abu Ja’far (kunyah Ibnu Jarir. Pen) masuk ke Kota Baghdad, beliau membawa bekal untuk kebutuhan sehari-hari. Ternyata bekal beliau dicuri. Akhirnya beliau terpaksa harus menjual baju dan dua lengan gamisnya. 

Salah seorang teman beliau memberikan tawaran, “Apakah engkau mau memberi privat untuk sebagian anak menteri Abul Hasan Ubaidullah bin Yahya bin Khaaqaan?” Beliau menjawab, “Ya.” 

Orang itu pun pergi dan mengurus beberapa urusan. Kemudian dia kembali. Dia meminjami baju untuk Ibnu Jarir dan mengantarkan beliau menghadap menteri. Sang Menteri meminta beliau untuk mendekat dan meninggikan tempat duduk beliau. Sang Menteri menjanjikan gaji untuk beliau sepuluh dinar setiap bulan. Dan beliau memberi syarat kepada Sang Menteri bahwa kegiatan privat tidak boleh mengganggu tiga hal: waktu belajar beliau, waktu salat, dan waktu libur. Kemudian beliau meminta kepada Sang Menteri untuk memberinya gaji sebulan di muka. Sang menteri menurutinya. 

Kemudian beliau dipersilahkan masuk ke dalam ruangan privat. Seorang anak pun masuk menemui beliau. Ketika beliau mengajarinya menulis, seorang pembantu mengambil papan (yang dipakai untuk menulis.pen). Kemudian mereka masuk ke dalam ruangan dengan sangat senang. Semua budak memberi hadiah kepada beliau beberapa dirham dan dinar. Namun beliau menolak semua pemberian tersebut. Dan berkata, “Aku sudah memberi syarat sebelumnya. Dan aku tidak akan mengambil selain syarat yang sudah aku sepakati. 

Kejadian itu sampai kepada Sang Menteri. Seorang budak menuntun beliau untuk masuk menemui Sang Menteri. Kemudian Sang Menteri menanyakan tentang sikap beliau. Beliau pun berkata, “Mereka adalah budak, dan mereka tidak memiliki hak atas harta itu.” Sang menteri pun memganggap besar hal itu. MasyaAllah, keteguhan dan ketulusan beliau dalam mengajarkan ilmu. 

Namun bukan berarti beliau sama sekali tidak mau menerima pemberian. Terkadang teman-teman beliau memberinya sesuatu dan beliau pun menerimanya. Namun beliau membalas lebih atas pemberian tersebut karena beliau sangat mengedepankan kehormatan diri. Beliau tidak mau menerima begitu saja tanpa bisa membalas, khawatir ketika beliau menerimanya tanpa balasan membuat beliau rendah di mata orang lain. 

Di samping keilmuan yang luas, beliau juga dikenal gemar menulis. Tidak sedikit karya-karya beliau. Bahkan beliau banyak menulis karya-karya yang besar. Ali bin Ubaidillah rahimahullah pernah bercerita, “Dalam kurun waktu empat puluh tahun, setiap harinya beliau menulis empat puluh lembar.” Dan kitab tafsir beliau adalah saksi bagaimanakah kegemaran beliau untuk menulis dan luasnya ilmu beliau. 

Pernah suatu hari beliau mengajak murid-muridnya untuk menulis tentang sejarah dari zaman Nabi Adam sampai zaman beliau. Mereka bertanya, “Berapa panjang tulisan itu?” Beliau menjawab, “Sekitar tiga puluh ribu lembar.” Mendengar jumlah itu mereka menolak dan mengatakan, “Sungguh kita bisa mati duluan sebelum menyelesaikannya.” Beliau pun menimpali, “Innaa lillah! Semangat kalian telah mati.” 

Hari Senin tahun 310 H, beliau meminta air untuk memperbaharui wudunya untuk salat Dhuhur. Beliau diminta untuk menjamak Dhuhur dengan Ashar di waktu Ashar karena sakit yang beliau derita. Beliau menolak dan tetap salat Dhuhur pada waktunya dan Ashar pada waktunya dengan salat yang sempurna. Menjelang kematiannya, beliau memperbanyak membaca tasyahud dan zikir kepada Allah. Beliau mengusap wajahnya dengan tangannya dan memejamkan kedua matanya dengan tangannya sendiri. Setelah itu beliau meninggal dunia. Semoga Allah merahmati beliau dengan rahmat yang luas. 

Disadur dari Kitab Siyar A’laamun Nubalaa karya Al Imam Adz Dzahabi rahimahullah.

Sumber: Majalah Qudwah edisi 70 vol.06 1440 H rubrik Ulama. Pemateri: Al Ustadz Abu Amr As Sidawiy.