Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1295

١٢٩٥ – (حسن صحيح) حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مُنِيرٍ، قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا عَاصِمٍ، عَنۡ شَبِيبِ بۡنِ بِشۡرٍ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ، قَالَ: لَعَنَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي الۡخَمۡرِ عَشَرَةً: عَاصِرَهَا وَمُعۡتَصِرَهَا وَشَارِبَهَا وَحَامِلَهَا وَالۡمَحۡمُولَةَ إِلَيۡهِ وَسَاقِيَهَا وَبَائِعَهَا وَآكِلَ ثَمَنِهَا وَالۡمُشۡتَرِيَ لَهَا وَالۡمُشۡتَرَاةَ لَهُ. هَٰذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ مِنۡ حَدِيثِ أَنَسٍ. وَقَدۡ رُوِيَ نَحۡوُ هَٰذَا، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، وَابۡنِ مَسۡعُودٍ، وَابۡنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. [(ابن ماجه)(٣٣٨١)]. 

1295. [Hasan sahih] ‘Abdullah bin Munir telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar Abu ‘Ashim dari Syabib bin Bisyr, dari Anas bin Malik. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melaknat sepuluh orang dalam masalah khamar, yaitu: pemerasnya, yang meminta diperaskan, peminumnya, pembawanya, yang minta dibawakan, penuangnya, penjualnya, yang memanfaatkan hasil penjualannya, pembelinya, dan yang minta dibelikan. 

Ini adalah hadis garib dari hadis Anas. Juga telah diriwayatkan semisal ini dari Ibnu ‘Abbas, Ibnu Mas’ud, dan Ibnu ‘Umar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.