Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 79

٢١ - بَابُ فَضۡلِ مَنۡ عَلِمَ وَعَلَّمَ
21. Bab keutamaan siapa saja yang berilmu dan mengajar


٧٩ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡعَلَاءِ قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ أُسَامَةَ، عَنۡ بُرَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ أَبِي بُرۡدَةَ، عَنۡ أَبِي مُوسَى، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (مَثَلُ مَا بَعَثَنِي اللهُ بِهِ مِنَ الۡهُدَى وَالۡعِلۡمِ، كَمَثَلِ الۡغَيۡثِ الۡكَثِيرِ أَصَابَ أَرۡضًا، فَكَانَ مِنۡهَا نَقِيَّةٌ قَبِلَتِ الۡمَاءَ، فَأَنۡبَتَتِ الۡكَلَأَ وَالۡعُشۡبَ الۡكَثِيرَ، وَكَانَتۡ مِنۡهَا أَجَادِبُ، أَمۡسَكَتِ الۡمَاءَ، فَنَفَعَ اللهُ بِهَا النَّاسَ، فَشَرِبُوا وَسَقَوۡا وَزَرَعُوا، وَأَصَابَتۡ مِنۡهَا طَائِفَةً أُخۡرَى، إِنَّمَا هِيَ قِيعَانٌ لَا تُمۡسِكُ مَاءً، وَلاَ تُنۡبِتُ كَلَأً، فَذٰلِكَ مَثَلُ مَنۡ فَقُهَ فِي دِينِ اللهِ، وَنَفَعَهُ مَا بَعَثَنِي اللهُ بِهِ فَعَلِمَ وَعَلَّمَ، وَمَثَلُ مَنۡ لَمۡ يَرۡفَعۡ بِذٰلِكَ رَأۡسًا، وَلَمۡ يَقۡبَلۡ هُدَى اللهِ الَّذِي أُرۡسِلۡتُ بِهِ). 

قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: قَالَ إِسۡحَاقُ: وَكَانَ مِنۡهَا طَائِفَةٌ قَيَّلَتِ الۡمَاءَ، قَاعٌ يَعۡلُوهُ الۡمَاءُ، وَالصَّفۡصَفُ: الۡمُسۡتَوِي مِنَ الۡأَرۡضِ. 

79. Muhammad bin Al-‘Ala` telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hammad bin Usamah menceritakan kepada kami dari Buraid bin ‘Abdullah, dari Abu Burdah, dari Abu Musa, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Beliau bersabda, “Permisalan petunjuk dan ilmu yang Allah mengutusku dengannya seperti hujan lebat yang mengenai muka bumi. Di antara permukaan bumi itu ada tanah yang subur, bisa menerima air, sehingga menumbuhkan banyak tetumbuhan. Di antara permukaan bumi itu ada tanah yang tidak menyerap air dan tidak subur, namun dia bisa menahan air sehingga Allah memberi manfaat kepada manusia dengannya. Mereka bisa minum, mengairi, dan bercocok tanam. Hujan juga mengenai permukaan bumi lain, yaitu tanah yang tandus, tidak bisa menahan air dan tidak bisa menumbuhkan tetumbuhan. Itulah permisalan siapa saja yang fakih dalam agama Allah. Apa yang Allah utus aku dengannya dapat memberi manfaat kepadanya, sehingga dia berilmu dan mengajar. Juga permisalan siapa saja yang tidak acuh dengan hal itu dan dia tidak menerima petunjuk Allah yang aku diutus dengannya.” 

Abu ‘Abdullah berkata: Ishaq berkata: Di antara permukaan bumi ada bagian tanah yang menyerap air. Qa’ adalah dataran yang hanya dilewati air. Shafshaf adalah permukaan bumi yang datar.