١٢ - بَابُ ذِكۡرِ الۡجِنِّ وَثَوَابِهِمۡ وَعِقَابِهِمۡ
12. Bab penyebutan jin, ganjaran mereka, dan hukuman mereka
لِقَوۡلِهِ: ﴿يَا مَعۡشَرَ الۡجِنِّ وَالۡإِنۡسِ أَلَمۡ يَأۡتِكُمۡ رُسُلٌ
مِنۡكُمۡ يَقُصُّونَ عَلَيۡكُمۡ آيَاتِي﴾ إِلَى قَوۡلِهِ: ﴿عَمَّا يَعۡمَلُونَ﴾
[الأنعام: ١٣٠ – ١٣٢]، ﴿بَخۡسًا﴾ [الجن: ١٣] نَقۡصًا. قَالَ مُجَاهِدٌ:
﴿وَجَعَلُوا بَيۡنَهُ وَبَيۡنَ الۡجِنَّةِ نَسَبًا﴾ [الصافات: ١٥٨]، قَالَ
كُفَّارُ قُرَيۡشٍ: الۡمَلَائِكَةُ بَنَاتُ اللهِ، وَأُمَّهَاتُهُمۡ بَنَاتُ
سَرَوَاتِ الۡجِنِّ. قَالَ اللهُ: ﴿وَلَقَدۡ عَلِمَتِ الۡجِنَّةُ إِنَّهُمۡ
لَمُحۡضَرُونَ﴾ [الصافات: ١٥٨]، سَتُحۡضَرُ لِلۡحِسَابِ. ﴿جُنۡدٌ مُحۡضَرُونَ﴾
[يس: ٧٥] عِنۡدَ الۡحِسَابِ.
Berdasarkan firman Allah, “Wahai golongan jin dan manusia, apakah para rasul
dari golongan kalian belum datang kepada kalian yang menyampaikan ayat-ayat-Ku
kepada kalian,” sampai firman-Nya, “dari apa yang mereka kerjakan.” (QS.
Al-An’am: 130-132).
“bakhsan” (QS. Al-Jinn: 13) artinya pengurangan.
Mujahid berkata, “Mereka mengadakan hubungan nasab antara Allah dengan jin,”
(QS. Ash-Shaffat: 158), orang-orang kafir Quraisy mengatakan: Malaikat adalah
putri-putrinya Allah dan ibu-ibu mereka adalah putri-putri para tokoh jin.
Allah berfirman, “Sesungguhnya para jin itu sudah mengetahui bahwa mereka
(yang mengucapkan ucapan tadi) akan dihadirkan,” (QS. Ash-Shaffat: 158),
mereka akan didatangkan untuk hisab.
“Tentara yang dihadirkan,” (QS. Yasin: 75) ketika hisab.
٣٢٩٦ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ
عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ أَبِي صَعۡصَعَةَ الۡأَنۡصَارِيِّ،
عَنۡ أَبِيهِ، أَنَّهُ أَخۡبَرَهُ: أَنَّ أَبَا سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيَّ رَضِيَ
اللهُ عَنۡهُ قَالَ لَهُ: إِنِّي أَرَاكَ تُحِبُّ الۡغَنَمَ وَالۡبَادِيَةَ،
فَإِذَا كُنۡتَ فِي غَنَمِكَ وَبَادِيَتِكَ، فَأَذَّنۡتَ بِالصَّلَاةِ،
فَارۡفَعۡ صَوۡتَكَ بِالنِّدَاءِ، فَإِنَّهُ: (لَا يَسۡمَعُ مَدَى صَوۡتِ
الۡمُؤَذِّنِ جِنٌّ وَلَا إِنۡسٌ وَلَا شَيۡءٌ إِلَّا شَهِدَ لَهُ يَوۡمَ
الۡقِيَامَةِ). قَالَ أَبُو سَعِيدٍ: سَمِعۡتُهُ مِنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ. [طرفه
في:
٦٠٩].
3296. Qutaibah telah menceritakan kepada kami dari Malik, dari ‘Abdurrahman
bin ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman bin Abu Sha’sha’ah Al-Anshari, dari ayahnya,
bahwa beliau mengabarkan kepadanya:
Bahwa Abu Sa’id Al-Khudri—radhiyallahu ‘anhu—mengatakan kepadanya:
Sesungguhnya aku melihat engkau menyukai kambing dan padang rumput. Apabila
engkau sedang menggembalakan kambingmu atau sedang di padang rumput, lalu
engkau hendak azan untuk salat, keraskanlah suara azanmu karena “Sesungguhnya
tidaklah satu jin atau manusia atau sesuatupun yang mendengar suara muazin
kecuali dia akan bersaksi untuknya pada hari kiamat.”
Abu Sa’id mengatakan: Aku mendengarnya dari Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam.