Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 323

٢٣ - بَابُ مَنِ اتَّخَذَ ثِيَابَ الۡحَيۡضِ سِوَى ثِيَابِ الطُّهۡرِ
23. Bab barang siapa menjadikan pakaian khusus haid selain pakaian ketika suci


٣٢٣ - حَدَّثَنَا مُعَاذُ بۡنُ فَضَالَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ، عَنۡ يَحۡيَى، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ زَيۡنَبَ ابۡنَةِ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتۡ: بَيۡنَا أَنَا مَعَ النَّبِيِّ ﷺ، مُضۡطَجِعَةً فِي خَمِيلَةٍ، حِضۡتُ فَانۡسَلَلۡتُ، فَأَخَذۡتُ ثِيَابَ حِيضَتِي، فَقَالَ: (أَنُفِسۡتِ؟) فَقُلۡتُ: نَعَمۡ، فَدَعَانِي، فَاضۡطَجَعۡتُ مَعَهُ فِي الۡخَمِيلَةِ. [طرفه في: ٢٩٨].

323. Mu’adz bin Fudhalah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hisyam menceritakan kepada kami dari Yahya, dari Abu Salamah, dari Zainab putri Abu Salamah, dari Umu Salamah. Beliau mengatakan:

Ketika aku sedang bersama Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berbaring di dalam selembar selimut beludru, aku haid. Aku beringsut keluar, lalu mengambil pakaian haidku.

Nabi bertanya, “Apakah engkau sedang haid?”

Aku menjawab, “Iya.”

Nabi memanggilku, lalu aku berbaring bersama beliau di dalam selimut itu.