Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 322

٢٢ - بَابُ النَّوۡمِ مَعَ الۡحَائِضِ وَهِيَ فِي ثِيَابِهَا
22. Bab tidur bersama istri yang sedang haid dalam keadaan dia memakai pakaian haidnya


٣٢٢ - حَدَّثَنَا سَعۡدُ بۡنُ حَفۡصٍ قَالَ: حَدَّثَنَا شَيۡبَانُ، عَنۡ يَحۡيَى، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ زَيۡنَبَ ابۡنَةِ أَبِي سَلَمَةَ حَدَّثَتۡهُ: أَنَّ أُمَّ سَلَمَةَ قَالَتۡ: حِضۡتُ وَأَنَا مَعَ النَّبِيِّ ﷺ فِي الۡخَمِيلَةِ، فَانۡسَلَلۡتُ، فَخَرَجۡتُ مِنۡهَا، فَأَخَذۡتُ ثِيَابَ حِيضَتِي فَلَبِسۡتُهَا، فَقَالَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَنُفِسۡتِ؟) قُلۡتُ: نَعَمۡ، فَدَعَانِي، فَأَدۡخَلَنِي مَعَهُ فِي الۡخَمِيلَةِ. قَالَتۡ: وَحَدَّثَتۡنِي أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ يُقَبِّلُهَا وَهُوَ صَائِمٌ، وَكُنۡتُ أَغۡتَسِلُ أَنَا وَالنَّبِيُّ ﷺ مِنۡ إِنَاءٍ وَاحِدٍ مِنَ الۡجَنَابَةِ. [طرفه في: ٢٩٨].

322. Sa’d bin Hafsh telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syaiban menceritakan kepada kami dari Yahya, dari Abu Salamah, dari Zainab putri Abu Salamah. Beliau menceritakan kepadanya bahwa Umu Salamah berkata:

Aku haid ketika aku bersama Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—di dalam selimut beludru. Aku beringsut keluar dari selimut itu lalu aku mengambil pakaian haidku dan mengenakannya.

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bertanya kepadaku, “Apakah engkau sedang haid?”

Aku menjawab, “Iya.”

Rasulullah memanggilku lalu memasukkanku ke dalam selimut bersamanya.

Zainab berkata: Umu Salamah juga menceritakan kepadaku bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—pernah menciumnya ketika beliau sedang berpuasa. (Umu Salamah juga berkata) Aku dan Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—pernah mandi janabat dari satu bejana.