Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7229

٣ - بَابُ قَوۡلِ النَّبِيِّ ﷺ: (لَوِ اسۡتَقۡبَلۡتُ مِنۡ أَمۡرِي مَا اسۡتَدۡبَرۡتُ)
3. Bab sabda Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, “Andai di awal aku mengetahui apa yang sekarang aku ketahui”


٧٢٢٩ - حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ بُكَيۡرٍ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ عُقَيۡلٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ: حَدَّثَنِي عُرۡوَةُ: أَنَّ عَائِشَةَ قَالَتۡ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَوِ اسۡتَقۡبَلۡتُ مِنۡ أَمۡرِي مَا اسۡتَدۡبَرۡتُ مَا سُقۡتُ الۡهَدۡيَ، وَلَحَلَلۡتُ مَعَ النَّاسِ حِينَ حَلُّوا). [طرفه في: ٢٩٤].

7229. Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami dari ‘Uqail, dari Ibnu Syihab: ‘Urwah menceritakan kepadaku bahwa ‘Aisyah mengatakan: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Andai di awal aku mengetahui apa yang sekarang aku ketahui, niscaya aku tidak akan membawa hadyu dan tentu aku akan tahalul bersama orang-orang ketika mereka tahalul.”