Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 6426

٦٤٢٦ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنۡ أَبِي الۡخَيۡرِ، عَنۡ عُقۡبَةَ بۡنِ عَامِرٍ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ خَرَجَ يَوۡمًا، فَصَلَّى عَلَى أَهۡلِ أُحُدٍ صَلَاتَهُ عَلَى الۡمَيِّتِ، ثُمَّ انۡصَرَفَ إِلَى الۡمِنۡبَرِ، فَقَالَ: (إِنِّي فَرَطُكُمۡ، وَأَنَا شَهِيدٌ عَلَيۡكُمۡ، وَإِنِّي وَاللهِ لَأَنۡظُرُ إِلَى حَوۡضِي الۡآنَ، وَإِنِّي قَدۡ أُعۡطِيتُ مَفَاتِيحَ خَزَائِنِ الۡأَرۡضِ، أَوۡ مَفَاتِيحَ الۡأَرۡضِ، وَإِنِّي وَاللهِ مَا أَخَافُ عَلَيۡكُمۡ أَنۡ تُشۡرِكُوا بَعۡدِي، وَلَكِنِّي أَخَافُ عَلَيۡكُمۡ أَنۡ تَنَافَسُوا فِيهَا). [طرفه في: ١٣٤٤].

6426. Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami dari Yazid bin Abu Habib, dari Abu Al-Khair, dari ‘Uqbah bin ‘Amir:

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—pada suatu hari keluar lalu beliau berdoa untuk syuhada perang Uhud dengan doa salat jenazah. Kemudian beliau pulang lalu menuju mimbar dan bersabda, “Sesungguhnya aku akan mendahului kalian (ke haud) dan aku adalah saksi untuk kalian. Demi Allah, sesungguhnya aku benar-benar sedang melihat haudku sekarang. Sesungguhnya kunci perbendaharaan dunia—atau kunci-kunci dunia—telah diberikan kepadaku. Demi Allah, sesungguhnya aku tidak khawatir kalian akan jatuh dalam kesyirikan sepeninggalku, akan tetapi aku khawatir kalian akan berlomba-lomba dalam hal dunia.”